Begini Cara Ahok Tulis Laporan Langsung saat Kunjungan Kerja ke Rotterdam Belanda

Begini Cara Ahok Tulis Laporan Langsung saat Kunjungan Kerja ke Rotterdam Belanda

Ahok saat berada di Rotterdam Belanda. (Foto: ahok.org)

BATAMNEWS.CO.ID - Kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama ke Rotterdam, Belanda 20-23 September 2015 ada yang berbeda. Basuki yang biasa disapa Ahok itu menulis sendiri catatan-catatan penting kunjungan tersebut. 

Tak heran orang lebih mudah paham apa yang dilakukan Ahok di Rotterdam. Ahok belajar banyak mengenai penataan kota di bidang pengelolaan air, sungai dan sejumlah fasilitas umum lainnya dengan harga yang sangat murah.

"Terkejut melihat mereka dalam 5 tahun hanya menghabiskan 1 miliar dolar Euro saja, artinya kira-kira setara denga Rp 3,5 T saja, bandingkan dengan siluman APBD 2015 yang Rp 12,1 T," ujar Ahok dalam catatannya.

Begini cara Ahok menuliskan laporannya:

Ahok – Berikut laporan langsung kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama ke Rotterdam, Belanda , 20-23 September 2015.

Tiba 20 September jam 8.25 , dijemput wakil Dubes RI, disambut WNI yang berdomisili di Amsterdam, Rotterdam dan kota-kota lainnya untuk berfoto dan beri bunga. Naik mobil dubes ke hotel Manhattan di Rotterdam. Sekitar 10.00, tiba di hotel, mandi dan makan.
11.30 Berangkat dengan menggunakan bis ke pelabuhan, naik kapal, sampai ke muara, melihat hasil reklamasi dan fungsi pelabuhan.
14.30 Menuju ke kantor tempat pameran dan informasinya untuk mendengarkan penjelasan.
16.00 Selesai, Basuki terkejut melihat mereka dalam 5 tahun hanya menghabiskan 1 milyar dolar euro saja, artinya kira-kira setara denga Rp 3,5 T saja, bandingkan dengan siluman APBD 2015 yang Rp 12,1 T.
16.10 Dalam bis kembali menuju hotel.
16.50 Tiba di hotel, jam 17.30 untuk melanjutkan perjalanan ke KBRI Den Haag guna menghadiri jamuan makan malam dan bertatap muka bersama WNI disana.
17.35 Jalan menuju KBRI.
18.10 Sampai di KBRI, informasi banyak WNI yang datang untuk berjumpa, bahkan ada yang datang dari Jerman dan Belgia. Menjawab 12 pertanyaan dari para WNI serta  ymelayani permintaan berfoto.
22.40 Tiba kembali di hotel. Besok jam 7.oo sarapan dan melanjutkan kegiatan jam 7.45.

Senin, 21 September 2015

7.10 Sarapan dengan ikan Salmon yang ditangkap tidak jauh sehingga rasanya juga enak, apalagi coklatnya enak.
7.50 Berangkat dengan awlanya akan menggunakan satu bis, namun karena akan bertemu Menteri PU Belanda, kami dipinjamin mobil dibas Dubes RI, Mercy S 350. Saya bersama bu Tuty kepala Bappeda dan depan Dirut PT. Jakpro pak Abdul Hadi. Pembicaraan tentang topik pre-feasibilty terutama soal NCICD dan pulau O P Q, ini merupakan kelanjutan pertemuan di Jakarta 25 Agustus lalu, kami fokus bahas topik sbb:
1. Integrasi mudul, edit dan evaluasi kesimpulan pertemuan di Jakarta
2. Pelabuhan kerjasama sister port, strategi industrinya, pengembangan makro ekonomi
3. Perencanaan dan tata ruangnya
4. Aspek teknis dan estimasi biayanya
5. Kasus bisnis dan strategi pembiyaaannya
6. Analisa sosial ekonominya
7. Aspek lingkungan hidrologi dan pesisir

8.45 Kami sampai di Kementerian PU Belanda. Disediakan seperti lounge sehingga kami membuat kopi dan teh sendiri
9.00 Pertemuan dimulai, ditemani Bappeda, Dinas PU, BUMD dan Pelindo 3. Pak lino dari Pelindo 2 menyusul dari bandara. Bandara posisi -5 m dibawa permukaan laut. Hotel Manhattan -3 m dibawah permukaan laut.
9.35 Pak Lino tiba dari bandara, ini penting: sampaikan ke mereka untuk gabung BUMD Pelindo 2 dan Pelindo 3 dan port of Rotterdam join dan saham PT. KBN diserahkan ke Pelindo dan Kakpro untuk menaikkan nilai lahan industri dan logistik untuk pelabuhan laut jakarta. Saya jamin tidak akan ada intervensi politik untuk bisnis ini, 5 milyar dolar US New Tanjung Priok port.
11.15 Naik bis menuju pusat pompa besarnya, setelah Bertemu Menteri PU dan Lingkungan Hidup (Ibunda dari menteri PU kelahiran 1974 ini berdarah Ambon. Mendapatkan Drs, tahun 2002 sudah sudah menjadi Wakil Menteri).
Kita kenapa buat istilah Dra untuk perempuan. Diskriminasi gender? Pertemuan semua sesuai jadwal.
12.25 Sampai di pompa station ijmuiden di amsterdam
13.35 Kembali di bis menju restoran buat makan siang, jalan kaki ke bis hampir 10 menit.
13.40 Sampai restoran, pesan makanan. Ikan dan kerang hijaunya enak, di jakarta tdk berani makan kerang hijau, disini enak.
14.35 Berangkat ke acara selanjutnya.
15.30 Sampai di deltares, Research institute puslitbang air.
16.50 Jalan menuju pengolahan air limbahnya.
17.30 Tiba di Delfland yang merupakan tempat kontrol pengolahan air limbah.
18.40 Meninggalkan lokasi pusat kontrol airnya Delfland. Kembali ke hotel di Rotterdam.
19.30 Tiba di kapal bernama “selamat siang Rotterdam” yang sudah fungsi jadi restoran. Benar2 parah, ternyata tidak ada yang memesan tempat (booking), informasi sebelumnya katanya sudah memesan tempat, akhirnya saya ajak rombongan pulang ke hotel
saja, batalin, namun bis yang kami tumpangi sudah terlanjur pergi, jam 19.50, kami belum makan, kami terpaksa menunggu bis yang sudah terlanjur pergi dan janjinya akan menjemput kembali kami jam 21.00.
19.55 Mendapatkan kabar, staf ternyata telah memesan tempat namun menggunakan nama sekolah dosennya, akhirnya kami kembali lagi ke kapal dan akhirnya bisa santap siang di “Selamat Siang Rotterdam”.
21.15 Meninggalkan restoran kapal menuju kembali ke hotel
21.35 Tiba kembali ke hotel. saya langsung mandi dan tidur, ngantuk sekali rasanya.

Mendengarkan penjelasan soal penampungan air hujan

Selasa, 22 September 2015

8.05 Sarapan, karena jam 8.30 harus kembali melanjutkan agenda kegiatan, agak terlambat karena habis olahraga full 1 jam.
8.55 Nunggu bis, mundur 30 menit dari jadwal, hujan gerimis sejak semalam.
9.10 Jalan menuju water plaza, tempat nampung air jika hujan, tetapi kalau kemarau jadi taman.
9.15 Tiba, lihat disain kota untuk menampung curahan air hujan, jalan kaki keliling kota melihat dan konsep agar air hujan tidak terbuang percuma begitu saja, termasuk pajak yang bisa dihemat oleh warga jika memiliki tempat untuk penampungan air berupa kebun diatas atap.
10.25 Naik ke bis, menuju lokasi bangunan parkir air.
10.35 Turun lagi sambil dijelaskan dari bis tadi.
10.55 Naik bis lagi setelah melihat ruangan penampung air dibawah gedung.
11.00 Turun meninjau apartemen mewah terintegarsi ada pasar basah.
11.30 Naik ke bis menuju Balaikota Rotterdam, tanda tangan MoU perpanjangan kerjasama, ditambahkan ada reklamasi 17 pulau NCICD. Dijamu makan siang oleh wali kota Abuthaleb (kelahiran Maroko yang orang tuanya masih di Maroko, tetapi bisa jadi wakikota Rotterdam walau seorang muslim). Dalam kota tetap ada macetnya, bedanya mereka ada alternatif trem dan trotoar
lebar dan jalur sepeda yang lebar.
11.50 Tiba di Balai Kota Rotterdam.
12.30 Selesai makan siang, kemudian tanta tangan MoU.
13.45 Naik Bis menuju kampus RDM (Research Development and Manufacture). Mobil bis full wifi, juga tremnya, apakah ini salah satu alasan anak muda di Rotterdam tidak milih menggunakan kendaraan pribadi?  karena bisa menggunakan akses internet.
14.25 Tiba di Kampus research. Mendapat penjelasan, center of expertise. Mereka paparkan banyak studi dan proyek yang mereka kerjakan, jadwalnya sampai jam 17, sudah seperti kuliah saja.
15.10 Setelah paparan dari dua Profesor, sekarang oleh PNS yang dikirim ke sini buat belajar selama 3 bln, tentang aset management, water plan , autoritas disiapa. Planning budgeting process dan bisa analisa aset management dan stararteginya. Giliran PNS kedua, kami kirim 6 PNS DKI untuk belajar di Roterrdam, andriansyah. Tanggung jawab musrenbang, gimana swasta dan publik mau partisipasi. Mau belajar soal CSR disini. Bagaimana perencanaannya, biaya, eksekusi dan setelahnya, khususnya water management. Anak-anak ini pintar berpikir out of The box, ini menjadi start up, menjadi incubator, dan co working place, ciptakan banyak hal, ada printer 3 dimensi, ada berbagai mesin. Orang-orang bisa datang kesini mulai perusahaan dan usaha.
16.20 Kembali ke bis, benar-benar sebuah sistem yang menyatukan industri, akademisi pemerintah dan orang-orangkreatif untuk menciptakan ide baru dan memproduksinya. Ada 2 anak muda yang jadi kaya dan punya perusahaan, setelah bergabung, ciptakan jembatan penyeberangan aman di rig lepas laut yang mampu koreksi kemiringan jembatan jika ada ombak besar.
17.05 Sampai di hotel, jam 18.30 jalan makan malam ketemu yang soal gasifikasi sampah
19.10 Tiba di restoran Euromast naik tower, ketemu yang punya gasifikasi sistem di swiss.
21.15 Berangkat pulang, pembicaraan soal gasifikasi yang 2400 celcius tidak meyakinkan yang 1200 celcius yang umum lebih bisa masuk akal. Kami putuskan batalkan saja yang
teknologi canggih belum ada.
21.30 Tiba di hotel, ada penggantian bis yang biasa jemput kami, mereka gunakan bis tingkat untuk city tour sekalian jemput kami, akhirnya rasakan naik bis tingkat city seeing yang jemput kami. Besok pagi jam 8.30 jalan sekaligus check out dari hotel.

Rabu, 23 September 2015

Pagi ini hingga siang hari akan kunjungi model tanggul seperti yang direncakan akan dibangun di Jakarta. Kami baru melanjutkan perjalanan pukul 09.00, cuaca hujan. Positif sekali, pak Lino dari Pelindo 2 sepakat, pulau sekita Tanjung Priok yang direklamasi, M, O, P, Q akan menjadi tambahan dari pulau N (New tanjung Priok port), semua akan digabung dengan nama Port of Jakarta. Ketemu sebelum berpisah dengan romobongan pak lino, sambil sarapan dan ngobrol, kemarin makan siang bersama walikota Dirut Port of Rotterdam, juga Dirut van Oord yang merupakan perusahaan reklamasi pembuat terusan Suez dan pelabuhan Tanjung Perak sejak awal, dan pengembangan Tanjung Priok juga pulau reklamasi dan port of rotterdam. Tolnya macet, jalan merayap.
9.45 tiba di Leiden, mr Jan Japp konsultan bank dunia yang membantu PU, beliau ini banyak membantu soal DKI, saya banyak belajar darinya. Tahun 1932 mereka nutup sebuah teluk, akhirnya semua jadi danau, dan reklamasi, kami hanya lihat yang di Almere Amsterdam, sebuah kota baru seperti Tangerang, mereka reklamasi dan pasang tanggul, mirip Pantai Indah Kapuk lakukan juga atas model dari Belanda ini. Kami juga akan ke Diemen untuk melihat sanitasi dan pengolahan air limbah.
Kami tidak ke Den Dever (giant sea wallnya Belanda, dipinjamin lebih baik lihat dan belajar yang bisa segera dibangun dan wajib, NCICD A, buat tanggul menahan di sisi utara Jakarta.
10.30 Tiba di danau yang sebelumnya merupakan teluk, karena Giant Sea Wall, jadi danau air tawar. Kalau teluk Jakarta jadi bangun NCICD C (giant sea wall), luasnya hanya 10 persen dari danau yang teluknya ditutup di Belanda ini. Tanggul yang kami jalani panjangnya 80 km, kalau keliling lahan yang dipasnag tanggul ini bisa 4 x panjang, dan semua ada beberapa wilayah, ibaratnya ada beberapa lahan, karena bekas danau, begitu ditutup, jadi lahan pertanian yang subur dan rata. Kapal keluar masuk, dibuat lok, seperti terusan Panama, ada 2 pintu.
11.00 Balik arah menuju Amsterdam, pengolahan air, sanitasi, air bersih, suplai air, semua dalam 1 perusahaan
11.40 Tiba
12.05 Mulai diruang presentasi sambil disediakan sop dan minuman.
13.00 Makan siang, sambil terus dengarkan presentasinya.
13.35 Selesai, kesepakatan, pemda dki menunjuk japkro lakukan kerjasama dgn water net, mereka sudah ada data dan mulai buat presentasi sejak 2004, BSD city mengandalkan mereka membangun semua ini, kami juga putuskan sistem incenerator sampah juga 1 paket semua, pu tata air akan mengerjakan hal2 yang infrastruktur dari apbd,
wilayah hulu di Banten dan Jabar juga akan jd tanggung jawab DKI.
13.45  Di bis menuju bandara, pesawat 16.45 penerbangan langsung ke Jakarta, rencana tiba jam 11 WIB. [Ditulis langsung oleh Basuki T. Purnama]

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews