5 Makanan Tinggi Lemak yang Justru Menyehatkan dan Bergizi

5 Makanan Tinggi Lemak yang Justru Menyehatkan dan Bergizi

Keju merupakan salah satu makanan tinggi lemak yang menyehatkan (Foto:ist/net)

Jakarta - Lemak yang terkandung dalam makanan cenderung dihindari karena dampaknya yang buruk bagi kesehatan. Orang-orang lebih memilih mengonsumsi gula, karbohidrat olahan, dan jenis makanan olahan lainnya sebagai pengganti lemak.

Akibatnya, mereka yang mengonsumsi lebih banyak kandungan tersebut menjadi gemuk dan terkena berbagai penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa lemak, termasuk lemak jenuh bukanlah sesuatu yang jahat untuk tubuh jika cara dan jumlah yang dikonsumsi sesuai dengan aturan.

Dikutip dari Healthline, berikut lima makanan tinggi lemak yang menyehatkan dan bergizi.

1. Alpukat

Jika kebanyakan buah mengandung banyak karbohidrat, berbeda dengan alpukat yang mengandung lemak. Alpukat mengandung 77 persen lemak, kalori di dalamnya membuat lemak alpukat lebih tinggi dibandingkan makanan yang berasal dari hewan.

Alpukat adalah salah satu sumber kalium terbaik, buah ini mengandung 40 persen kalium lebih tinggi dibandingkan pisang yang dikenal baik memiliki banyak kalium. Dalam penelitian alpukat memiliki serat, dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Keju

Keju merupakan sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, selenium, dan mengandung semua jenis nutrisi lainnya. Sepotong keju tebal mengandung 6,7 gram protein yang sama dengan satu gelas susu. Keju juga memiliki kandungan asam lemak kuat seperti produk susu berlemak tinggi lainnya. Manfaat jika mengonsumsi keju dengan jumlah yang tepat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Telur

Telur utuh dianggap tidak sehat karena kolesterol dan lemak yang terkandung di dalam kuning telur. Faktanya sebutir telur mengandung 212 mg kolesterol yang merupakan 71 persen dari rekomendasi asupan harian, 62 persen kalori dalam telur berasal dari lemak.

Studi terbaru menemukan kolesterol dalam telur tidak memengaruhi kolesterol dalam darah untuk kebanyakan orang. Dalam satu butir telur terkandung vitamin, mineral, antioksidan yang dapat melindungi mata, mengandung kolina yaitu nutrisi yang dibutuhkan otak, dan sebagai makanan penurun berat badan.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak adalah salmon, trout, makerel, sarden, dan haring. Ikan-ikan tersebut kaya akan omega-3 yang menyehatkan bagi jantung, mengandung protein berkualitas tinggi, dan berbagai macam nutrisi penting.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan cenderung lebih sehat, dengan menurunkan risiko penyakit jantung, depresi, demensia, dan berbagai jenis penyakit yang umum terjadi. Konsumsi suplemen minyak ikan dapat menjadi pilihan jika tidak bisa atau tidak mau makan ikan. Minyak hati ikan cod mengandung omega-3 dan vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh.

5. Kacang

Kacang mengandung banyak lemak dan serat sehat yang merupakan sumber protein nabati. Selain itu kacang kaya akan vitamin E, magnesium, dan mineral. Kacang dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews