Medilab dan RSAB Ditunjuk Jadi Pelaksana PCR Test untuk TCA

Ilustrasi.

Batam - Kementerian Kesehatan RI menunjuk Klinik Medilab dan RS Awal Bros (RSAB) Batam sebagai pihak resmi untuk melakukan tes Polymasre Chain Reaction (PCR), jelang diberlakukan TCA perlintasan Batam-Singapura.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Batam, Achmad Farchanny mengatakan, dua lokasi itu bisa digunakan untuk tes swab bagi pelaku perjalanan.

“Jadi untuk pelaku bisnis dari Indonesia (Batam) yang akan ke Singapura bisa periksa swab di dua tempat tersebut,” ujarnya, Senin (2/11/2020).

Sedangkan pelaku bisnis yang masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre atau Bandara Internasional Seokarno-Hatta, pemeriksaan PCR telah ditunjuk yaitu Indofarma.

“Semuanya sudah ditunjuk, untuk pemberlakuan Travel Corridor Arrangement (TCA) nanti,” kata dia.

Sementara itu sampai saat ini, Farchanny menyampaikan belum ada pelaku bisnis yang mengisi e-hac (Health Alert Card) menjelang TCA tersebut diberlakukan.

“Di Soetta belum, Pelabuhan Internasional Batam Centre juga belum ada,” ucapnya.

Direktur Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr Widya Putri, MARS mengatakan pihaknya telah bekerjasama dalam program TCA dan mulai diberlakukan pada Senin (26/10/2020).

“Kami telah mendapat sertifikat Ijin Penyelenggaraan Pemeriksaan PCR tes untuk COVID-19,” ucapnya.

TCA ini mulai dapat diberlakukan jika segala persyaratan telah dipenuhi, baik itu pengambilan sampel swab maupun pemeriksaan PCR Test. Serta juga penerapan protokol kesehatan dapat dilaksanakan dengan baik.

(ret)
SHARE US :