https://www.batamnews.co.id

Karimun Segera Miliki Alat PCR Sendiri untuk Langsung Tes Swab

Ilustrasi.

Karimun - Dalam waktu dekat, Tim Gugus Tugas Covid-19 Karimun akan dapat melakukan pemeriksaan sampel swab langsung di daerah.

Pasalnya Kabupaten Karimun mendapatkan bantuan alat PCR portable (Polymerase Chain Reaction) dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Satu unit alat PCR itu, diserahkah oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Arif Fadillah kepada Pjs Bupati Karimun, Herry Andrianto.

Karimun termasuk salah satu daerah yang menjadi prioritas Pemprov Kepri dalam percepatan penanganan Covid-19.

Dengan adanya PCR tersebut maka pemeriksaan sampel swab dari masyarakat Kabupaten Karimun dapat segera dilakukan tanpa mengirim lagi ke Kota Batam.

"Pemprov kepri baru beli 3 PCR. Salah satunya diserahkan ke Karimun, agar kedepan untuk pemeriksaan PCR tidak perlu lagi dikirim ke Batam," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Arif Fadillah.

Diketahui, BTKL Batam dan juga RSKI Galang melakukan pemeriksaan sampel cukup banyak. Sehingga, untuk mengetahui hasilnya, membutuhkan waktu beberapa hari untuk kabupaten kota di Kepri.

Disebutkan Arif, pemeriksaan sampel PCR di Karimun akan bisa berlangsung dalam waktu dekat. "Target kita dua atau tiga minggu ke depan sudah bisa beroperasi," ujar Arif.

(aha)