Menteri Kesehatan Brasil Dirawat di RS karena Covid-19

Menteri Kesehatan Brasil Dirawat di RS karena Covid-19

Eduardo Pazuello. Foto: reuters

Brasil - Menteri Kesehatan Brasil Eduardo Pazuello kini berada di dalam kondisi stabil di rumah sakit setelah dinyatakan positif terkena COVID-19, kata pernyataannya Kementerian Kesehatan kemarin.

Pazuello masuk ke rumah sakit di Brasilia pada hari Jumat karena dehidrasi, setelah dinyatakan positif mengidap virus corona pada hari Rabu (21/10/2020). Kini, dia akan dirawat di rumah sakit sampai hari Minggu (8/11/2020), dan kemudian akan di tes kembali, kata kementerian.

Dilansir dari Reuters, Minggu (1/11/2020), hari pertama setelah dinyatakan positif, Pazuello malah bertemu dengan Presiden Jair Bolsonaro di sebuah kamar hotel dengan video media sosial yang menunjukkan keduanya mengobrol tanpa masker. Bolsonaro sempat positif Covid-19 tapi dia telah pulih pada Juli.

Presiden mengatakan kasus Pazuello adalah contoh lain yang menunjukkan obat klorokuin yang kontroversial dapat membantu penderita COVID-19 dengan cepat.

Bolsonaro, yang kerap menganggap enteng virus corona menganjurkan penggunaan obat antimalaria chloroquine dan hydroxychloroquine meski kurang ada bukti ilmiah obat itu membantu orang-orang dengan COVID-19.

Selama pandemi, dua menteri kesehatan Brasil berturut-turut mengundurkan diri dalam kurun waktu sebulan.

Pazuello, seorang jenderal Angkatan Darat yang bertugas aktif tanpa gelar medis, memperluas akses ke chloroquine dan mengizinkannya diresepkan untuk hampir semua orang yang dites positif terkena virus corona.

Brasil memiliki wabah virus corona paling mematikan kedua di dunia dengan 159.477 kematian, setel Amerika Serikat. Hampir separuh dari 23 anggota kabinet Bolsonaro juga dinyatakan terjangkit virus corona, begitu pula presiden dan istrinya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews