Indonesia Kecam Keras Presiden Prancis yang Hina Agama Islam

Indonesia Kecam Keras Presiden Prancis yang Hina Agama Islam

Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan sikap Indonesia atas kekerasan dan kecaman terhadap Presiden Prancis. (Foto: Sekretariat Kabinet)

Jakarta - Indonesia mengecam keras terjadinya kekerasan yang teriadi di Paris dan Niece, Prancis yang telah memakan korban jiwa. 

Selain itu, Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menghina agama Islam dan telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia. 

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pernyataan persnya usai bertemu dengan sejumlah pemimpin organisasi keagamaan di Indonesia membahas perkembangan perkembangan dunia, khususnya terkait dengan persaudaraan antarumat beragama

“Indonesia mengecam keras terjadinya kekerasan yang teriadi di Paris dan Nice yang telah memakan korban jiwa. Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam, yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia, yang bisa memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia, di saat dunia memerlukan persatuan untuk menghadapi pandemi Covid-19,” tegas Jokowi dilansir situs Sekretariat Kabinet, Sabtu (31/10/2020).

Kebebasan berekspresi yang mencederai kehormatan, kesucian, serta  kesakralan nilai-nilai dan simbol agama, imbuhnya, sama sekali tidak bisa dibenarkan, dan harus dihentikan.

“Mengaitkan agama dengan tindakan terorisme adalah sebuah kesalahan besar. Terorisme adalah terorisme, teroris adalah teroris. Terorisme tidak ada hubungannya dengan agama apapun,” ujarnya.

Terakhir, Jokowi menyampaikan  Indonesia mengajak dunia mengedepankan persatuan dan toleransi beragama untuk membangun dunia yang lebih baik.

Dalam pertemuan Presiden antara lain didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. 

Hadir dalam pertemuan para pemuka agama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), dari Muhammadiyah, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), dari Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi), dan Majelis Tinggi Agama Konghuchu Indonesia (MATAKIN). 

Pertemuan tersebut membahas perkembangan perkembangan dunia khususnya terkait dengan persaudaraan antarumat beragama. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews