Mau Cek Kecepatan Internet, 4 Situs Gratis Ini Bisa Dicoba

Mau Cek Kecepatan Internet, 4 Situs Gratis Ini Bisa Dicoba

Ilustrasi

Jakarta - Ada kalanya ketika menjelajah media sosial atau browsing, tiba-tiba kecepatan internet seakan melambat. Misalnya loading halaman website menjadi lebih lama atau streaming video yang terus buffering, hal ini tentu membuat aktivitas menjadi terganggu.

Mungkin, ini saatnya mengecek kecepatan internet kamu. Saat ini, ada banyak situs gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek kecepatan internet. Dilansir dari Weboost, Jumat (30/1/2020) berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Ookla Speedtest

Lebih dari 10 juta orang mengakses Ookla Speedtest setiap harinya. Di situs ini, kamu bisa melihat kecepatan unduh dan unggah dalam Mpbs serta server penyedia jaringan apa yang kamu gunakan. Kamu juga bisa membuat akun untuk membandingkan seberapa cepat internet kamu berjalan dari waktu ke waktu.

2. SpeedSmart

SpeedSmart juga menjadi situs tes kecepatan internet gratis yang bisa diakses melalui perangkat smartphone atau mobile. Situs ini juga dinilai lebih cepat menunjukkan hasil akurat karena dibuat menggunakan HTML5, bukan Flash atau Java.

3. V-SPEED Test Speed

Bila kamu mencari situs tes kecepatan internet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, V-SPEED bisa kamu jadikan opsi. Pengujian yang dikelola secara cloud ini bisa digunakan untuk mengukur bandwith, menguji database statistik, melakukan pengujian VoIP lanjutan, dan masih banyak lagi.

4. Bandwidth Place

Bandwidth Place juga menjadi salah satu situs untuk mengetahui kecepatan internet kamu. Cara penggunaannya juga cukup mudah, tinggal klik start, tunggu beberapa saat, maka hasilnya bisa ditampilkan di layar perangkat milikmu.

Itulah beberapa situs gratis yang berguna untuk mengecek kecepatan internet di smartphone atau komputer. Ketika internetmu melambat, cobalah melakukan beberapa tips mempercepatnya, seperti blokir iklan, gunakan browser lain, pasang antivirus, hapus cache browser, atau setel ulang router.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews