11 Tahun Terakhir, 4 Kasus Mayat Terbawa Truk Sampah ke TPA Punggur

11 Tahun Terakhir, 4 Kasus Mayat Terbawa Truk Sampah ke TPA Punggur

Tempat pembuangan akhir (TPA). (Foto: ilustrasi)

Batam - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Punggur menjadi 'muara' pembuangan sampah-sampah yang ada di Batam. Namun tak hanya sampah, mayat pun kadang terangkut ke lokasi ini. Biasanya mayat bayi yang dibuang, atau mayat korban pembunuhan yang ditemukan baru-baru ini.

Petugas yang membawa bak sampah (Bin Arm Roll) ke TPA tak menyadari adanya mayat manusia. Setelah truk membongkar sampah ke TPA, biasanya kemudian ditemukan oleh pemulung yang bekerja memilih sampah-sampah.

Baca juga: Diduga Dibunuh, Mayat Laki-laki Tangan Terikat Ditemukan di TPA Punggur

Seperti kejadian Rabu (28/10/2020).  Mayat pria dengan tato bergambar karakter kartun Disney, Mickey Mouse di lengan kanan itu, ditemukan di bawah tumpukan sampah. Tangannya terikat ke belakang dalam posisi telungkup.

Dari hasil visum, mayat laki-laki tersebut, ditemukan luka terbelah pada kuku di jari manis.  Diduga ia jasad korban pembunuhan yang dibuang ke bak Bin ArmRoll, yang terangkut hingga TPA Punggur.

Ada sebanyak 78 unit truk mengangkut sampah-sampah dari Bin Arm Roll tempat penampungan sementara (TPS) yang ditempatkan di sejumlah titik pembuangan sampah kota Batam.

Koordinator Keamanan TPA Punggur, Sujoko mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari pemulung terkait penemuan mayat tersebut, Kamis (29/10/2020). "Informasi dari pemulung yang menyampaikan penemuan mayat tersebut," ujar Joko.

 

Koordinator Keamanan TPA Punggur, Sujoko.

Baca juga: Duh, Mayat Bayi Perempuan Dibuang di TPA Punggur

Joko menyebutkan, selama 11 tahun Ia bekerja di TPA Punggur, sudah 4 kali mengalami kejadian seperti ini. Yakni 3 mayat bayi dan satu mayat pria dewasa yang ditemukan terakhir.

Sejumlah petugas truk sampah dimintai keterangan oleh petugas polisi di Mapolsek Nongsa saat ini.

(cr7)