4 Anak-anak Positif Covid di Tanjungpinang, Dinkes Rilis 38 Kasus Baru

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Kasus Covid juga terjadi peningkatan di Tanjungpinang. Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang merilis 38 kasus baru, Sabtu (24/10/2020) malam

Empat diantanya merupakan anak-anak. Mereka yakni FN; Pasien 368 (4 tahun. laki-laki) dan F; Pasien 369 (2 tahun, perempuan), keduanya warga Kp Baru, Tanjungpinang Barat, yang sempat close contact dengan Pasien 367. Keduanya menjalani karantina di RSUD Raja Ahmad Thabib, dan mengalami gejala gangguan kesehatan.

Kemudian DA; Pasien 391 (5 tahun, perempuan) warga Sei Jang, warga Bukit Bestari dan FA; Pasien 392 (9 tahun, laki-laki), warga Batu IX, Tanjungpinang Timur. Keduanya merupakan close contact Pasien 333. Mereka tidak bergejala (asimptomatik) dan menjalani isolasi mandiri.

Secara kumulatif kasus Covid di Tanjungpinang tercatat 419 kasus, dengan 302 kasus sembuh, dan 10 kasus meninggal. Sebanyak 107 orang kini menjalani karantina baik isolasi mandiri dan sejumlah rumah sakit rujukan di Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma dalam keterangan tertulis mengatakan jika Dinas Kesehatan PP & KB Kota Tanjungpinang melaksanakan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempat beraktivitas lainnya. 

"Bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di di BTKL PP Batam. Kami menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini," ucapnya.

Protokol kesehatan ini ditergaskan Rahma harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja.

"Sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa kita cegah bersama-sama," ucapnya  

(fox)