Pemerintah Pusat Distribusikan 5.500 Unit APD ke Kepulauan Riau

Pemerintah Pusat Distribusikan 5.500 Unit APD ke Kepulauan Riau

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana.

Tanjungpinang - Pemerintah pusat mendistribusikan 3.500 unit Alat Perlindungan Diri (APD) untuk tim medis di sejumlah rumah sakit yang melayani pasien COVID-19, di Provinsi Kepulauan Riau.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan, sebanyak 3.500 APD itu telah didistribusikan untuk Rumah Sakit Galang, Batam sebanyak 2.000 unit APD.

Selain itu untuk rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Batam sebanyak 2.000 unit APD, 1.000 unit APD untuk Rumah Sakit Umum Provinsi Kepri, dan 500 unit APD untuk Korem 033/Wirapratama.

"Untuk daerah lainnya di Kepri akan didistribusikan dalam waktu dekat oleh pemerintah pusat," kata Tjetjep, Sabtu (4/4/2020).

Tjetjep menambahkan, bantuan APD itu sangat penting untuk mendukung kinerja tim medis di rumah sakit rujukan yang melayani pasien COVID-19.

Sebelumnya juga, pemerintah pusat telah memberi bantuan sebanyak 2.000 unit APD untuk Kepri. 

"Bantuan ini sudah didistribusikan ke rumah sakit rujukan dan rumah sakit lainnya yang melayani pasien COVID-19," ujar Tjetjep.

Bantuan APD lainnya juga telah diberikan oleh berbagai pihak seperti organisasi yang dibina Rudy Chua, anggota DPRD Kepri daerah pemilihan Tanjungpinang, dan Pemerintah Singapura melalui Konsulat Jenderal Singapura di Batam.

Pemerintah Singapura memberi bantuan berupa dua alat PCR dan 20.000 unit "test kit" COVID-19 untuk Provinsi Kepulauan Riau. 

"Bantuan itu sangat berarti bagi pemerintah, tim medis dan masyarakat Kepri untuk mengetahui secara cepat dan tepat status pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19," terang Tjetjep lagi.

Setelah ada alat ini, maka Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) pada Kemenkes di Batam akan lebih cepat bekerja mengetahui hasil swab pasien.

Bantuan dari berbagai elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk saat ini. Karena itu, pemerintah mengharapkan semua pihak bahu-membahu dalam mempercepat penanganan COVID-19 di Kepri.

Pemerintah Kepri memberi apresiasi kepada berbagai elemen masyarakat, termasuk para relawan yang secara suka rela membantu tim medis. 

"Ini kegiatan sosial yang luar biasa," ucap Tjetjep.

Catatan redaksi: Judul berita mengalami perubahan redaksional. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews