BMKG Kepri Ingatkan Nelayan Gelombang Ekstrem

BMKG Kepri Ingatkan Nelayan Gelombang Ekstrem

Ilustrasi.

Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadi gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia, Jumat (16/10/2020) dan Sabtu (17/10/2020).

Prakirawan BMKG stasiun meteorologi Kepulauan Riau, Randy Ardianto menyebutkan bahwa terdapat sirkulasi udara di Kalimantan Selatan sehingga pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara umumnya dari tenggara barat daya memiliki  kecepatan mencapai 6 - 20 Knot.

Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari timur tenggara angin diperkirakan dengan kecepatan mencapai 8-25 knot.

Tidak hanya itu, BMKG Kepri juga memantau beberapa wilayah perairain yang memiliki kecepatan angin tinggi. Pantauan tersebut terdapat di Perairan Utara Sabang, Perairan Selatan Banten, Selat Karimata dan Laut Sulawesi.

Menurut Randy, gelombang tinggi diperkirakan terjadi di perairan Kepulauan Anambas dan Laut Natuna, di Provinsi Kepri, juga beberapa pulau di sekitarnya  "Peluang terjadi gelombang tersebut mencapai 1.25-2.5 meter," ucap Rendy

Imbauan BMKG Kepri terhadap masyarakat yang beraktivitas di laut baik itu kapal nelayan maupun kapal besar agar selalu tetap waspada.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews