Batam Krisis Air Bersih

Bistro & Pub De Bottle Ikut Rasakan Krisis Air Bersih di Batam

Bistro & Pub De Bottle Ikut Rasakan Krisis Air Bersih di Batam

Suasana di De Bottle Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau. (Foto: Batam Dine)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tak hanya warga permukiman yang terkena dampak krisis air bersih di Batam, Kepulauan Riau. Bahkan bistro & pub De Bottle Batam Centre, Jalan Ahmad Yani, Batam, juga menjadi korban. 

Tempat nongkrong yang diminati kalangan masyarakat menengah ke atas ini kewalahan menghadapi krisis air ini.

"Malam ini baru mati, kami terpaksa cari air ke Golden Land Batam Centre," ujar seorang karyawan De Bottle kepada batamnews.co.id, Jumat malam (18/9/2015).

Menurut dia, bistro & pub yang berada tak jauh dari perumahan elite DutaMas Batam Centre itu merasakan baru malam itu terhentinya pasokan air bersih.

"Kemarin-kemarin masih lancar," ujar pria tersebut.

Terlihat di kamar mandi De Bottle, pengelola hanya menyediakan ember berisi air dan timba. Pengunjung terpaksa memanfaatkan timba yang telah disediakan.

Tak heran kemudian, air yang berada di ember berceceran di lantai-lantai toilet dan terkesan jorok. Padahal sebelumnya tempat ini dikenal cukup bersih.

Krisis air bersih sudah melanda Batam sejak beberapa bulan belakangan. Stok air baku di lima dam yang dikelola PT Adhya Tirta Batam (ATB)terus menyusut.

Bahkan saat ini stok air baku di lima dam itu diperkirakan hanya bertahan hingga beberapa bulan ke depan. Bila hujan tak kunjung turun, kemungkinan Batam akan mengalami krisis air bersih yang sangat parah.

Korporasi yang mengelola air bersih ini, PT ATB, saat ini melakukan penggiliran hingga penghentian suplai air ke rumah-rumah warga. Kondisi ini sangat meresahkan dan mengganggu aktivitas.

Kerusakan lingkungan dan minimnya curah hujan diduga sebagai penyebab utama keringnya air dam tadah hujan. Hingga saat ini belum ada solusi dari Pemko Batam ataupun BP Batam selaku pihak yang bertanggungjawab dalam krisis berkepanjangan ini.

 

[snw]

 

 

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews