Buku Harry Potter Edisi Pertama Laku Rp1,1 Miliar dalam Lelang di Inggris

Buku Harry Potter Edisi Pertama Laku Rp1,1 Miliar dalam Lelang di Inggris

Buku Harry Potter edisi pertama yang dilelang. (Foto: Hansons Autioneers via BBC.com)

Batam - Buku Harry Potter edisi pertama yang digunakan seorang ayah untuk mengajari anak-anaknya bahasa Inggris telah terjual 60.000 poundsterling atau sekitar Rp1,1 miliar dalam sebuah lelang.

Salinan langka buku 'Harry Potter and the Philosopher's Stone' dibuka dengan harga awal 30.000 poundsterling atau sekitar Rp571 juta dijual oleh pemiliknya, seorang pensiunan ekspatriat Inggris dari Luksemburg. Dikutip dari BBC.com, buku itu merupakan satu dari 500 edisi bersampul pertama yang dicetak.

Lelang Jim Spencer menggambarkan harga yang naik menjadi 75.000 poundsterling dengan premi pembeli ditambahkan, sebagai "menakjubkan". Novel itu dijual di Lelang Perpustakaan Staffordshire Hansons pada hari Selasa lalu.

Penjual, yang ingin dirahasiakan namanya, mengatakan dia telah membeli buku untuk anak-anaknya sekitar 18 bulan setelah pertama kali diterbitkan pada Juni 1997.

Dia mengatakan bahwa dia sangat senang dengan hasil penjualan tersebut. "Buku-buku Harry Potter benar-benar ikonik - dalam literatur tingkat atas untuk anak-anak - dan edisi pertama ini hanya dapat meningkat nilainya di masa depan," katanya.

Penjual tersebut menambahkan bahwa dia berencana menggunakan uang dari penjualan tersebut untuk melunasi pinjaman biaya kuliah putrinya.

Buku itu diidentifikasi sebagai edisi pertama, setelah diposting ke juru lelang Derbyshire dengan handuk teh, karena memiliki duplikasi frase '1 tongkat' pada halaman 53 dan nomor terbitan "10 9 8 7 6 5 4 3 2 1".

Hansons mengatakan, tawaran terakhir datang dari pembeli internasional swasta yang mengajukan penawaran melalui telepon.

Spencer, yang telah berurusan dengan penjualan empat edisi pertama 'Harry Potter and the Philosopher's Stone', mengatakan itu adalah harga tertinggi yang dibayarkan pada juru lelang untuk sebuah salinan.

"Saya benar-benar senang buku itu mencapai harga yang luar biasa bagi vendor kami," katanya.

"Saya berharap itu akan menghasilkan £ 50.000, tetapi melihatnya naik melewati itu untuk mencapai £ 60.000 sungguh menakjubkan," ujar Spencer.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews