Sembuh Corona, 34 Santri Ponpes di Bintan Dipulangkan ke Rumah Masing-masing

Camat Toapaya, Neppy Purwanto (baju safari abu-abu) menyambut pemulangan santri yang sembuh di LPMP Kepri. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Sebanyak 34 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Darus Ilmi Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi beberapa hari. Sedangkan 7 orang lagi masih menjalani perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan, ada 41 santri yang dinyatakan tertular covid-19. Namun setelah menjalani isolasi di Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kepri di Ceruk Ijuk sebanyak 34 orang dinyatakan sembuh.

"34 orang yang dinyatakan sembuh itu sudah dipulangkan. Sedangkan 7 orang lagi masih menjalani isolasi," ujar Gama, Rabu (7/10/2020).

Tujuh santri yang masih positif sedang menjalani isolasi. Namun tempat isolasi mereka tidak di LPMP Kepri lagi, namun sudah pindah ke Rumah Singgah RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri di Batu 8 Kota Tanjungpinang.

"Jadi mereka sudah diambil swabnya sebanyak 3-4 kali namun hasilnya masih positif. Sehingga isolasinya dirujuk ke RSUP RAT Kepri," katanya.

Camat Toapaya, Neppy Purwanto mengatakan 34 santri yang dinyatakan sembuh dari covid-19 sudah dipulangkan. Namun pemulangannya bukan ke Ponpes Darus Ilmi melainkan ke rumahnya masing-masing.

"Evakuasi pemulangan mereka dilakukan secara bertahap menggunakan motor, sepeda mobil dan pick-up. Sekali antar 2 orang sekaligus, dimulai dari Pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai," sebutnya.

Ponpes Darus Ilmi yang berada di wilayah kerjanya itu dikosongkan untuk sementara waktu. Karena disana akan dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Maka mulai saat itu juga para santri melakukan kegiatan belajarnya secara daring.

"Meskipun pulang ke rumah mereka tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan. Mereka juga belajar daring dari rumah," ucapnya. 

(ary)