Tim BLC Kepri Batam Ajak Warga Kreatif Hadapi Pandemi

Tim BLC Kepri Batam Ajak Warga Kreatif Hadapi Pandemi

Foto: ist

Batam - Sekretaris Tim Batam Lawan Corona Kepri-Batam, Chris Triwinasis mengajak masyarakat kreatif menghadapi pandemi dalam meminimalisir penularan Covid-19.

Dikatakan Chris,  bentuk kreatifitas bisa dilakukan dengan cara tidak melakukan kontak fisik saat bertemu dengan teman atau rekan kerja.

"Jika dulu kita bersalaman, berpelukan adalah hal wajar,  maka dimasa pandemi ini hal itu tidak bisa dilakukan lagi. Kita harus mengganti dengan salam sehat corona. Sudah sekian lama kita dihadapkan pada kondisi pandemi ini. Kurang lebih  7 bulanan kita terus berdampingan dengan pandemi, yang belum tahu kapan segera berakhir," kata Chris saat sosialisasi edukasi dan pembagian masker serta hand sanitizer di Perumahan Taman Melati Raya Tiban Sekupang, Kota Batam, Sabtu (4/10/2020).

Bentuk kreatif lain sebutnya yakni memanfaatkan perangkat media teknologi, seperti aktif menggunakan panggilan video calling, sebagai pengganti kita bertemu langsung dengan orang lain.

"Itu semua, bisa kita lakukan diera pandemi ini. Dengan demikian, kita satu sisi tetap bisa beraktivitas, tapi kita juga kreatif memproteksi diri dari ancaman penularan virus corona," ucapnya.

Sukarelawan Medis Tim BLC Kepri-Batam, dokter Anto menjelaskan, sepanjang Bulan September lalu, peningkatan kasus covid 19 di Kota Batam terus mengalami kenaikan.

Penyebaran virus corona  kurun waktu yang lalu, tembus mencapai 970 kasus.

"Pun dengan kasus penyebaran. Jika dulu penyebaran  masih terbatas,  maka saat ini muncul  begitu banyak klaster baru. Ini  menunjukan kalau penyebaran virus ini sangAt masif," jelasnya.  

Bahkan hingga tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan kasus ini pun,  tak luput dari paparan Corona.

"Kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jika beberapa waktu slogan kita 3 M, maka saat ini sudah ditambah menjadi 6 M. 6 M tersebut yakni menjaga makanan sehat, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menyaring informasi seputar corona dan melakukan olahraga secara aktif," ujarnya.

Kepala Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kota Batam Asep Zainal Mustafa menambahkan, kalau pihaknya juga memfasilitasi para tenga medis yang nantinya kita sebar ke seluruh Provinsi Kepri.

"Keberadaan tenaga medis ini, untuk kita perbantukan memberikan pelayanan kesehatan, termasuk membantu menangani pandemi di Batam khususnya dan Kepri umumnya," terang dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews