Vaksin Corona Produksi China Mulai Dipasarkan November

Vaksin Corona Produksi China Mulai Dipasarkan November

Ilustrasi.

Beijing - Perusahaan farmasi asal China memprediksi vaksin virus corona yang mereka produksi bisa dikonsumsi publik secara luas paling cepat pada November 2020. Saat ini, mereka tengah menyelesaikan uji klinis tahap akhir.

Mereka optimis tentang perkembangan uji klinis dan bersama perusahaan Sinovac Biotech serta Sinopharm bahkan telah memamerkan kandidat vaksin mereka pada pameran perdagangan di Beijing bulan ini.

Kepala ahli biosafety di Pusat Pengendalian Penyakit China Wu Guizhen mengatakan kepada stasiun televisi CCTV bahwa vaksin akan tersedia untuk masyarakat umum "sekitar November atau Desember."

Wu tidak merinci vaksin mana yang dirujuknya, tetapi mengatakan "berdasarkan hasil klinis fase 3, kemajuan saat ini sangat menggembriakan."

Wu menambahkan bahwa dia telah mengambil vaksin pada bulan April dan telah merasa baik selama beberapa bulan terakhir, meskipun dia tidak menyebutkan secara spesifik kandidat mana yang telah diambil.

Saat ini ada sembilan kandidat vaksin dalam uji coba tahap akhir pada manusia, meskipun beberapa telah mencapai kendala baru-baru ini - raksasa farmasi AstraZeneca dan Universitas Oxford untuk sementara menghentikan uji klinis minggu lalu setelah seorang sukarelawan mengembangkan penyakit yang tidak dapat dijelaskan.

Beberapa kandidat vaksin China telah ditawarkan kepada pekerja penting di bawah program penggunaan darurat.

Seorang juru bicara Sinovac mengatakan kepada AFP bahwa "puluhan ribu" orang telah secara sukarela mengambil vaksinnya, termasuk 90 persen karyawannya dan keluarga mereka - antara 2.000 dan 3.000 orang.

Pada bulan Juni, militer China menyetujui vaksin untuk digunakan dalam jajarannya yang dikembangkan oleh unit penelitian dan perusahaan bioteknologi. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews