Puluhan KK Terancam Banjir, Warga Tebing Keruk Parit Mampet

Puluhan KK Terancam Banjir, Warga Tebing Keruk Parit Mampet

Lurah, Babinsa dan masyarakat Ranggam, Kelurahan Tebing gotong royong membersihkan gorong-gorong (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Masyarakat Ranggam, Kelurahan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar gotong royong (Goro) pembersihan parit-parit atau selokan utama di wilayah tersebut, guna mencegah terjadinya banjir, Minggu (13/9/2020).

Goro serentak ini dilakukan di RT 01, 02 dan RT 03 Ranggam. Lurah Tebing, Babinsa dan masyarakat setempat ikut andil dalam kegiatan tersebut.

"Kita bersihkan semua, terutama saluran air utama agar tidak mampet dan antisipasi banjir," kata Lurah Tebing, Andri Winarta kepada Batamnews disela-sela kegiatan.

Sebelumnya, tepat dua hari lalu air dengan cepat meluap ke jalan dan masuk ke rumah-rumah warga. Akibatnya, sekitar 30 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Tebing menjadi korban air yang masuk kedalam rumah.

"Kemarin, ada sekitar 30 di Kelurahan Tebing. Jadi kita tidak ingin terjadi lagi dan kita melaksanakan gotong royong ini," ucap dia.

Andri Winarta juga menyebutkan, sekarang ini telah banyak perubahan dalam segi tata ruang. Banyaknya pembangunan juga menjadi salah satu faktor terjadinya luapan air. Sehingga, parit yang ada saat ini juga tidak dapat menampung debid air.

Oleh karena itu, pihaknya juga berencana untuk melakukan pelebaran saluran air, agar sesuai dengan kondisi pembangunan.

"Akan dilakukan pelebaran, dari Dinas PU kemarin sudah turun untuk mengukur. Karena memang sudah seharusnya dilebarkan parit dan gorong-gorong, karena perkembangan pemukiman saat ini," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews