Expo Batam Batik Fashion Week 2020: Milik Kita, Identitas Kita, Kebanggaan Kita

Expo Batam Batik Fashion Week 2020: Milik Kita, Identitas Kita, Kebanggaan Kita

Ketua Dekranasda Kota Batam Marlin Agustina bersama Wali Kota Rudi mengamati batik produksi Batam. (Foto: ist)

Batam - Sejak batik Batam gencar dikenalkan ke kawula muda di 12 kecamatan, melalui ajang Batik Batam Milenial 2k20, kini makin banyak kaum milenial yang gandrung belajar dan membuat batik.

Hal ini diungkap Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam Marlin Agustina saat membuka Expo Batam Batik Fashion Week 2020, di Dataran Engku Hamidah, Batam Centre, Rabu (9/9/2020) pukul 16.00 WIB.

Hal ini kian membuat semangat Marlin kian membuncah, untuk tak hanya memperkenalkan, juga mengajak kaum milenial menekuni usaha batik, melalui industri kecil menengah (IKM) yang tentunya  diback-up penuh oleh Dekranasda.

Apalagi saat ini, jumlah IKM yang bergabung di komunitas IKM Batik Batam pun semakin bertambah. Dari hanya enam, kini menjadi 10 IKM.

"Dalam kesempatan ini saya ajak semua milenial untuk membantu mempromosikan batik Batam sekaligus majukan IKM kita. (Batik Batam) Ini adalah milik kita, identitas kita, kebanggaan kita," ujarnya.

Soal motif, Marlin mengaku sudah mengembangkan yang sesuai dengan dunia anak muda. Misalnya dengan corak dinamis dan warna cerah.

Soal harga juga sudah dipatok yang pas dengan kantong anak muda juga. Dari data yang kami himpun, untuk batik cap dengan panjang kain 2 meter, dibanderol mulai dari Rp 150 ribu.

Di ujung kata sambutannya, Marlin ikut menyosialisasikan Perwako 49/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Kota Batam.

"Ke manapun kita melangkah, ingat selalu 4M: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," ingatnya. 

Marlin mengaku tak ingin ada siapapun kena sanksi. Sebab aturan ini dibuat semata-mata untuk menyelamatkan semua warga di tengah pandemi ini. 

Sementara itu, sesuai dengan temanya, di acara ini digelar promosi batik Batam kepada para remaja melalui fashion show busana hasil karya kolaborasi pebatik dan desainer muda Batam. 

Modelnya menyesuaikan dengan target pasar: milenial. Acara pun dikemas dengan lebih santai dan kekinian.

Acara kian semarak dengan kehadiran Wali Kota Batam HM Rudi.  *


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews