Kurs Dolar Naik, Harga Sapi Kurban Melejit

Kurs Dolar Naik, Harga Sapi Kurban Melejit

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Harga hewan kurban pada hari raya Idul Adha tahun 2015 atau 1436 Hijriah mendatang, mengalami kenaikan harga jual di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Seperti harga jual hewan kurban sapi, pada Idul Adha tahun 2014 lalu, harga hewan kurban sapi masih dapat dibeli dengan harga Rp 12 juta per ekor.

Namun, pada tahun 2015 ini harga jual minimal, untuk hewan kurban sapi sudah mencapai Rp 15 juta per ekor. Bahkan ada juga sapi yang harganya hingga Rp 30 juta.

Begitu juga dengan harga jual hewan kurban kambing. Pada tahun 2014 lalu, harga jual kambing dengan ukuran besar (super atau kelas A) masih berada dikisaran Rp 2 juta per-ekornya.

Namun, di tahun 2015 ini. Harga jual hewan kurban kambing sudah mencapai Rp 2,7 juta per ekor, untuk kambing yang berukuran kecil (kelas B).

Tidak diketahui dengan pasti, faktor apa yang menyebabkan melambungnya harga jual hewan kurban di tahun 2015 ini.

Menurut Kabid Peternakan, Dinas Perikanan Pertanian dan Kehutanan (KP2K), Sri Yunelli, naiknya harga jual hewan kurban terpengaruh oleh, melambungnya harga jual Dollar.

"Mungkin karena harga dollar naik. Jadi biaya transport hewan kurban dari asalnya (pemilik) juga ikut naik," ujarnya, kepada batamnews.co.id, baru-baru ini.

 

[alf]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews