Kebakaran Hutan Lumpuhkan Negara Bagian Oregon di AS

Kebakaran Hutan Lumpuhkan Negara Bagian Oregon di AS

(Foto: NBC News)

Oregon - Lima kota di negara bagian Oregon, Amerika Serikat hancur dilalap api tatkala si jago merah menghanguskan kawasan hutan di wilayah tersebut pada Rabu (9/9/2020).

Gubernur Oregon Kate Brown mengungkapkan kekhawatirannya akan jatuhnya korban jiwa seiring dengan menghebatkan kebakaran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Reuters melaporkan angin berkecepatan hingga 80 km per jam membuat kobaran api semakin membesar. Digambarkan, ada 35 titik api dengan ukuran dua kali Kota New York dan membakar ratusan rumah.

Selain di Oregon, kebakaran terjadi di utara di negara bagian Washington saat Pasifik Barat Laut menghadapi beban hampir 100 kebakaran hutan yang terjadi di seluruh AS bagian barat. 

Di California, para pejabat mengatakan 64.000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka saat 28 kebakaran besar mengamuk di negara bagian AS yang paling padat penduduknya.

Evakuasi diperintahkan untuk area yang luas di sekitar kebakaran seluas 81 ribu hektare yang membakar di utara Sacramento. 
Penduduk di lebih dari selusin kota termasuk kota Oroville diminta untuk segera pergi. Api mengamuk di dekat kota Paradise, yang terbakar habis pada tahun 2018 telah menewaskan 85 orang.

Di Oregon, komunitas Detroit di Lembah Santiam, serta Blue River dan Vida di pesisir Lane County, serta Phoenix dan Talent di Oregon selatan secara substansial hancur, kata Brown dalam konferensi pers.

"Hal ni bisa menjadi kerugian terbesar dalam nyawa manusia dan harta benda akibat kebakaran hutan dalam sejarah negara bagian kita," kata Brown tanpa memberikan rincian.

Brown berbicara tentang penyelamat yang menyelamatkan orang dengan menarik mereka dari sungai tempat mereka berlindung dari api.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews