Warung Soto di Daerah Ini Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19

Warung Soto di Daerah Ini Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19

Warung makanan. (Ilustrasi)

Yogyakarta - Penularan virus Corona terus terjadi di Kota Yogyakarta. Klaster baru penularan virus Corona di Kota Yogyakarta pun ditemukan. Klaster ini adalah klaster warung soto di depan XT Square, Kota Yogyakarta.

Klaster warung soto ini bermula dari temuan seorang pedagang soto di depan XT Square yang dinyatakan positif virus Corona. Pedagang ini sempat mengalami gejala Corona dan dinyatakan positif pada Selasa (25/8/2020) yang lalu.

Temuan pedagang soto yang warungnya terbilang laris dan memiliki banyak pelanggan ini pun segera ditindaklanjuti oleh Pemkot Kota Yogyakarta. Pemkot pun melakukan tracing pada kontak erat pedagang soto ini.

Wakil Wali kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan 19 orang yang merupakan kontak erat pedagang soto menjalani tes swab. Dari 19 orang ini, 10 orang dinyatakan positif virus Corona dan 1 orang hasilnya belum keluar.

"Pada hari ini, hasil tracing terhadap kasus Soto Lamongan akhirnya ditemukan 10 kasus positif. Mereka adalah keluarga dan karyawan Soto Lamongan," ujar Heroe dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/8/2020) malam.

Tambahan 10 pasien positif terkait pedagang soto ini pun dinyatakan sebagai klaster baru penularan virus Corona di Kota Yogyakarta. "Oleh karena itu, Soto Lamongan sudah menjadi klaster baru di Kota Yogya," papar Heroe.

Heroe meminta pada para pelanggan dan pembeli Soto Lamongan yang sempat datang ke warung tersebut selama bulan Agustus agar memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat. Dia juga meminta para pembeli dan pelanggan di warung soto pada bulan Agustus agar melakukan isolasi diri secara mandiri selama 14 hari.

"Kepada para pembeli Soto Lamongan pada bulan Agustus untuk segera periksa di layanan kesehatan terdekat, agar blocking kasus bisa dilakukan dan tidak menyebar ke mana-mana, dan melakukan isolasi mandiri," urai Heroe.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews