Horornya Badai di Timur Tengah yang Terlihat dari Angkasa

Horornya Badai di Timur Tengah yang Terlihat dari Angkasa

Badai pasir di Timur Tengah. (Foto: Internet)

BATAMNEWS.CO.ID, Beirut - Badai pasir dahsyat yang melanda negara-negara di kawasan Timur Tengah benar-benar horor. Bahkan gulungan badai itu pun terlihat jelas dari uang angkasa. Badai yang muncul begitu masivnya hingga gulungan badai pasir ini membentuk formasi aneh.

Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis gambar pasir dan debu yang berputar-putar di kawasan Timur Tengah. Foto-foto dari satelit NASA memperlihatkan wilayah Israel, Semenanjung Sinai di Mesir, Yordania, Libanon dan sebagian Suriah dipenuhi kabut pasir tebal berwarna kuning kecokelat-cokelatan. 

Menurut data satelit NASA seperti dilansir NBC News, Rabu (9/9/2015), awan pasir tersebut membumbung tinggi hingga sekitar 600 meter di udara. Foto-foto satelit NASA itu diambil dari ketinggian sekitar 800 kilometer di atas permukaan Bumi. 

Badai pasir telah menyebabkan penurunan jarak pandang dan gangguan kesehatan di wilayah-wilayah Suriah, Libanon, Israel, Yordania, Arab Saudi, Siprus dan Irak.

Menurut kantor berita AFP, sejauh ini delapan orang telah meninggal akibat badai pasir ini dan ratusan orang harus dirawat di rumah sakit karena mengalami masalah pernapasan. Di Libanon, dampak badai pasir ini paling parah dirasakan para pengungsi Suriah yang tinggal di kamp-kamp pengungsian resmi dan tak resmi.

Kementerian Kesehatan Libanon menyatakan, dua wanita telah meninggal di rumah sakit di wilayah Bekaa Valley dikarenakan badai pasir ini. Sementara di Suriah, dilaporkan enam orang tewas akibat badai pasir ini, termasuk dua bocah. Menurut media di Suriah, badai ini juga telah menyebabkan pertempuran antara pasukan Suriah dan pemberontak di Provinsi Idlib dan Hama terhenti.

sumber: detikcom

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews