Piala Asia U-16 dan U-19 Terancam Ditunda

Piala Asia U-16 dan U-19 Terancam Ditunda

Para pemain Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani latihan (Foto:ist/net)

Jakarta - Pelaksanaan Piala Asia U-19 tahun 2020 rencananya bakal mengalami penundaan dari jadwal semula. Kabar kemungkinan penundaan Piala Asia U-19 diketahui dari situs resmi Federasi Sepakbola Uzbekistan (UFA).

Belum meredanya pandemi covid-19 menjadi salah satu pertimbangan penundaan tersebut. UFA menyebut penundaan itu merupakan keinginan dari AFC selaku penyelenggara.

Selain Piala Asia U-19 2020, AFC juga memungkinkan penundaan jadwal gelaran Piala Asia U-16 serta Piala Asia Futsal 2020. Piala Asia U-16 akan digelar di Bahrain, sedangkan Piala Asia Futsal di Uni Emirat Arab (UEA).

"AFC tengah mempertimbangkan untuk menjadwal ulang berbagai turnamen kontinental (Asia). Pandemi Covid-19 telah mengguncang dunia sepak bola. Hasilnya banyak turnamen sepak bola yang ditunda dan dipindahkan ke tahun depan (2021),"

"Terkait hal ini, AFC pun mengirim surat ke para asosiasi anggota tentang kemungkinan penjadwalan ulang Piala Asia U-16 di Bahrain dan Piala Asia U-19 di Uzbekistan. Ada laporan juga bahwa Piala Asia Futsal di UEA batal," demikian pernyataan UFA.

Piala Asia U-19 sekaligus kualifikasi Piala Dunia U-20 2021 itu dijadwalkan digelar di Uzbekistan 14-31 Oktober mendatang. Sebelumnya, AFC sudah lebih dulu memastikan penundaan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski kemungkinan Piala Asia U-19 2020 dilakukan penundaan, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule memastikan Timnas Indonesia U-19 akan tetap berangkat ke Kroasia.

Iwan Bule mengaku PSSI bakal tetap memberangkatkan 30 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di sana. Termasuk melakoni undangan International U-19 Friendly Tournament yang digagas federasi sepak bola Kroasia (NHS).

"Kami tetap berangkat TC (pemusatan latihan) ke Kroasia meskipun ada penundaan (jadwal Piala Asia U-19)," ucap Iwan Bule seperti dilansir Batamnews dari CNNIndonesia.com, Kamis (27/8/2020).

Sampai saat ini, Timnas Indonesia U-19 beserta staf kepelatihan yang dipimpin Shin Tae Yong masih berada di Jakarta. Rencananya, Bagas Kaffa dkk baru akan bertolak ke Kroasia pada Jumat (28/8/2020).


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews