Update Covid-19 Kota Batam: Lonjakan 17 Kasus Per 20 Agustus 2020

Update Covid-19 Kota Batam: Lonjakan 17 Kasus Per 20 Agustus 2020

Ilustrasi.

Batam - Angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau menunjukkan peningkatan. Tercatat ada tambahan 17 kasus baru Corona per tanggal 20 Agustus 2020.

Dalam laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, tambahan kasus Corona ini bukan hanya pada warga usia produktif namun juga menjangkiti anak-anak dan ibu hamil yang akan melahirkan.

Dengan tambahan ini, secara kumulatif total pasien Covid-19 di Kota Batam telah mencapai 436 orang. Zona kuning dan zona orange mendominasi sejumlah kecamatan di Kota Batam.

Zona merah juga masih tersemat di Kecamatan Batam Kota. Sedangkan zona hijau disandang tiga kecamatan yakni Bulang, Galang dan Belakangpadang.

Berikut rincian kasus baru Corona di Batam per 20 Agustus: 

1. Pasien nomor 420, berinisial FNA, seorang Laki-laki berusia 25 tahun, Anggota Polri, Ia beralamat di kawasan Perumahan Batu Besar, Nongsa. 

Pasien ini datang ke RS Bhayangkara Batam pada tanggal 18 Agustus 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini terkonfirmasi positif. 

2. Pasien Nomor 421, berinisial SbtD, seorang Perempuan berusia 61 tahun Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Tanjung Buntung, Bengkong. 

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi RS Awal Bros Batam dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

3. Pasien nomor 422, berinisial AEB, seorang anak Perempuan berusia 03 tahun. Ia beralamat di kawasan Rusun BP Batam, Nongsa. Pasien ini  merupakan anak kandung dari pasien nomor 398 Kota Batam.

Halaman berikutnya... 

 

4. Pasien nomor 423 berinsi WSE, seorang Perempuan berusia 31 tahun merupakan Ibu Rumah Tangga, beralamat di kawasan Rusun BP Batam, Nongsa. Pasien ini merupakan istri dari pasien nomor 398 Kota Batam. 

5. Pasien nomor 424 berinisial MGID, seorang bayi Laki-laki berusia 07 bulan, beralamat di kawasan Rusun BP Batam Nongsa. Pasien ini merupakan anak dari pasien nomor 398 Kota Batam. 

6. Pasien nomor 425 berinisial EHMH, seorang perempuan, berusia 41 tahun merupakan Ibu Rumah Tangga, Ia beralamat di kawasan perumahan Fanindo, Batu Aji. Pasien ini merupakan kontak erat dengan pasien nomor 375 Kota Batam.

7. Pasien nomor 426 Kota Batam berinisial EH, seorang perempuan, berusia 47 tahun, merupakan Nakes-ASN, beralamat di kawasan Perumahan Tiban Indah, Sekupang. Yang bersangkutan merupakan dokter yang bertugas di salah satu puskesmas di Kota Batam.

Halaman berikutnya...

 

8. Pasien nomor 427 Kota Batam berinisial B, seorang Laki-laki berusia 43 tahun, Ia beralamat di kawasan perumahan Kampung Bukit Tanjung Riau, Sekupang. Pasien ini mendatangi ke RSUD Embung Fatimah Batam pada tanggal 18 Agustus 2020 karena ada keluhan sedikit demam dan batuk berdahak. 

9. Pasien nomor 428 Kota Batam berinisial RA, seorang perempuan berusia 26 tahun merupakan Nakes-ASN, beralamat di kawasan Perumahan Tiban Housing, Sekupang. Yang bersangkutan merupakan tenaga kesehatan bidan yang bertugas di salah satu puskesmas di Kota Batam. 

10. Pasien nomor 429 Kota Batam berinisial RKR, seorang anak perempuan berusia 6 tahun, beralamat di kawasan perumahan Fanindo, Batuaji. Pasien ini merupakan terkait erat dengan Pasien nomor 375 Kota Batam. 

11. Pasien nomor 430 Kota Batam, berinisial YAH, seorang perempuan berusia 28 tahun, beralamat di kawasan perumahan Fanindo, Batuaji. Pasien ini merupakan terkait erat dengan pasien nomor 375 Kota Batam. 

12. Pasien nomor 431 Kota Batam, berinisial BS, seorang laki-laki berusia 49 tahun beralamat di kawasan perumahan Bida Ayu, Sei Beduk. Pasien ini mendatangi RSUD Embung Fatimah pada tanggal 18 Agustus 2020 karena ada keluhan sedikit demam. 

Halaman berikutnya...

 

13. Pasien nomor 432 Kota Batam berinsial IE, seorang perempuan 29 tahun merupakan IRT beralamat di kawasan perumahan Sari Padjadjaran, Sagulung. 

Pasien ini merupakan ibu hamil yang akan melahirkan selanjutnya dirujuk ke RSUD Embung Fatimah Batam pada tanggal 18 Agustus 2020 sehubungan dengan persiapan proses persalinanya maka dilakukan pemeriksaan swab/PCR yang hasilnya diterima terkonfirmasi positif. 

14. Pasien nomor 433 Kota Batam, berinisial YHG, seorang laki-laki berusia 47 tahun merupakan wiraswasta beralamat di kawasan perumahan Tiban Bukit Asri, Sekupang. 

Pasien ini dibawa ke IGD RSBP Batam pada tanggal 19 Agustus 2020 dalam kondisi Death On Arival (DOA). Sebelumnya diketahui memiliki riwayat demam, untuk itu dilakukanlah pemeriksaan swab hidung/nasal yang hasilnya terkonfirmasi positif.

Selanjutnya penanganan pemulasaran jenazahnya telah dilakukan menurut Protokol Covid-19.

15. Pasien nomor 434 Kota Batam, berinisial LLA, seorang perempuan berusia 25 tahun, Ia beralamat di kawasan Perumahan The Central Sukajadi, Batam Kota. Paisen ini memdatangi Klinik Medilab Batam pada tanggal 18 Agustus 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri yang hasilnya terkonfirmasi positif. 

16. Pasien nomor 435 Kota Batam, seorang laki berusia 37 tahun, beralamat di kawasan Perumahan Taman Viktoria Sekupang. Pasien ini mendatangi Klinik Medilab Batam pada tanggal 19 Agustus 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri yang hasilnya terkonfirmasi positif. 

17. Pasien nomor 436 Kota Batam berinisial PO, seorang perempuan berusia 22 tahun merupakan mahasiswa yang beralamat di kawasan Perumahan Taman Kota Mas, Lubuk Baja. 

Pasien ini mendatangi RS Awal Bros Batam pada tanggal 20 Agustus 2020 sehubungan merasa kontak dengan temannya yang terkonfirmasi positif guna melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri yang hasilnya terkonfirmasi positif. 

(ret)