Update Covid Batam 12 Agustus: 3 Kasus Baru, Termasuk Penghuni Dormitori Muka Kuning

Update Covid Batam 12 Agustus: 3 Kasus Baru, Termasuk Penghuni Dormitori Muka Kuning

Ilustrasi tim medis.

Batam - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam kembali merilis penambahan 3 kasus Covid-19, Rabu (12/8/2020). Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif pada kasus ini yakni tiga orang warga Kota Batam yang terdiri dari satu pria dan dua perempuan, salah satunya bayi.

Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi sebagaimana keterangan tertulis tim Gugas:


1. Seorang laki-laki berinisial “Tn.RZA” usia 40 tahun, ASN-POLRI, beralamat di kawasan perumahan Nongsa Asri Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 369 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 05 Agustus 2020 datang berobat ke RS Bhayangkara Batam dengan keluhan demam yang naik turun sejak seminggu sebelumnya disertai dengan nyeri ulu hati.

Sesuai dengan hasil pemeriksaannya tersebut yang bersangkutan diedukasi untuk melaksanakan isolasi secara mandiri di rumahnya, dan kemudian pada tanggal 07 Agustus 2020 bertempat di RS Bhayangkara Batam dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta telah dievakuasi untuk ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina pada rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.


2. Seorang bayi perempuan berinisial “By.AP” usia 01 tahun, belum sekolah , beralamat di kawasan perumahan Tanjung Sengkuang Kelurahan Tanjung Sengkuang Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 370 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari kasus terkonfirmasi positif nomor. 339. Sehubungan pengembangan Contact Tracing terhadap closes contact/kontak erat dari terkonfirmasi ayahnya tersebut maka kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta telah menjalani karantina mandiri bersama keluarganya.


3. Seorang perempuan berinisial “Nn.NW” usia 24 tahun, Swasta, beralamat di kawasan Industri Dormitory Muka Kuning, Kelurahan Muka Kuning Kecamatan Sungai Beduk Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 371 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 06 Agustus 2020 datang memeriksakan diri ke RSBP Batam, sesuai rujukan dari Klinik Husadatama sehubungan dengan hasil pemeriksaan RDT yang diperolehnya “IgG,IgM Reaktif” dan disertai dengan keluhan berkurangnya indra penciuman dan mengecap rasa.

Sesuai dengan keluhannya tersebut dokter melakukan pemeriksaan secara intensif dengan melakukan pemeriksaan Rontgen Thorax yang diperoleh kesan adanya “Gambaran Bronkitis, tak tampak kardiomegali”, selanjutnya oleh dokter pemeriksa maka ditegakkanlah diagnosanya “Hiposmia+Ageusia cc. Suspek Covid-19” dan ditindaklanjuti dengan rekomendasi bahwa yang bersangkutan harus menjalani rawat inap pada ruang isolasi rumah sakit tersebut. Kemudian setelah itu dilakukan tindakan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi “Positif”.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil tanpa adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam ruang perawatan


Grafik Covid Kota Batam, 12 Agustus 2020

 

Jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kota Batam sejumlah 371 kasus, dari jumlah tersebut sebanyak 270 kasus dinyatakan sembuh, 22 kasus meninggal.

Saat ini sebanyak 79 orang positif Covid-19 masih menjalani penanganan medis dan karantina di sejumlah rumah sakit rujukan.

(fox)