Fakta Waduk Tertua di Kota Batam, Sei Harapan

Fakta Waduk Tertua di Kota Batam, Sei Harapan

Waduk Sei Harapan yang mengering dan masuk level siaga, beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam – Waduk Sei Harapan merupakan waduk tertua di Kota Batam. Dibangun pada 1978, waduk ini menjadi waduk pertama yang dimiliki Kota Batam. 

Mulai beroperasi pada 1979, waduk ini awalnya dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Pertamina Sambu. 

Kini Waduk Sei Harapan menjadi penyuplai air bersih masyarakat Batam terutama kawasan Sekupang dan sekitarnya. 

Terletak di Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatran Sekupang, Waduk ini memiliki luas genangan 74,84 Hektare, dengan luas catchment area 993,02 Ha. 

Memiliki kapasitas tampungan mencapai 3,637 juta m3. Sei Harapan memiliki fungsi single purpose yaitu penampung air, yang mampu memproduksi air bersih dengan kapasitas 210 liter perdetik. 

Seperti Waduk Duriangkang yang sempat mengalami ancaman kekeringan, Sei Harapan lebih dulu merasakan hal tersebut pada 2019. 

Surutnya waduk Sei Harapan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sedimentasi (pendangkalan) mencapai 1 juta m3 per 2017. Serta kurangnya intensitas Hujan yang turun di wilayah waduk. 

Kini, Sei Harapan sudah bisa kembali menyuplai air bersih secara normal, Badan Pengusahaan (BP) Batam juga akan melakukan pengerukan serta revitalisasi waduk pada tahun ini untuk memperpanjang umur waduk. 

Saat ini BP Batam masih terus melakukan kajian bersama pemenang lelang, terkait proses revitalisasi yang akan dilakukan di Waduk Sei Harapan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews