Diluncurkan Terbatas, Begini Mekanisme Penukaran Uang Pecahan Rp 75 Ribu

Diluncurkan Terbatas, Begini Mekanisme Penukaran Uang Pecahan Rp 75 Ribu

Uang Pecahan Rp 75 Ribu

Batam - Bank Indonesia meluncurkan uang pecahan baru senilai Rp 75 ribu bertepatan dengan memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). 

Untuk mendapatkan uang pecahan baru ini, ada beberapa mekanisme yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut: 

Pemesanan penukaran melalui tautan HTTPS://pintar.bi.go.id mulai 17 Agustus, dengan syarat merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Setiap  pemilik KTP hanya bisa menukarkan 1 lembar uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI. Lalu untuk memesannya silahkan klik tautan tersebut, kemudian pilih lokasi dan tanggal penukaran uang peringatan kemerdekaan melalui aplikasi. 

Selanjutnya pastikan untuk mendapatkan bukti pemesanan, dan simpan bukti pemesanan dalam bentuk digital maupun cetak. 

Lakukan penukaran uang peringatan kemerdekaan secara langsung pada lokasi dan tanggal yang dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan. 

Pada saat itu, pastikan untuk membawa KTP asli dan bukti pemesanan, siapkan uang tunai senilai Rp 75 ribu. Penukaran uang peringatan kemerdekaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan 

Dalam hal pemesan tidak dapat datang secara langsung ke lokasi penukaran, dapat diwakilkan kepada pihak yang dipercaya dengan membawa surat kuasa dan KTP asli pemesan dan bukti pemesanan

Penukaran di Bank Indonesia dimulai pada tanggal 18 Agustus 2020, dan pada Bank umum yang ditunjuk dimulai pada tanggal 1 Oktober 2020. 

Seperti diketahui, Bank Indonesia hari ini resmi meluncurkan uang pecahan kertas 75 ribu rupiah untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Karena merupakan edisi khusus atau Commemorative note, uang pecahan kertas atau UPK ini dicetak hanya sekali dengan jumlah yang terbatas. Meski demikian masyarakat masih bisa memilikinya dengan mekanisme yang sudah ditetapkan tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews