TNI AL dan Penyelam Natuna Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

TNI AL dan Penyelam Natuna Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

TNI AL dan penyelam se-Natuna mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Natuna (Foto:ist)

Natuna - Pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai bersama para penyelam se-Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT Ke-75 Republik Indonesia di dasar laut.

Ada sebanyak 17 penyelam yang turut andil dalam pengibaran sang saka tersebut. Mereka terdiri dari 4 penyelam Lanal Ranai, 5 penyelam Komposit Marinir, 3 penyelam Archipelago Diving Club (ADC), 3 penyelam dan Jelajah Bahari Natuna (JBN) dan 2 penyelam Jelajah Rantau Bertuah (JRB).

Kegiatan dilakukan selama dua hari di dua titik berbeda. Pada Sabtu (15/8/2020), pengibaran bendera merah putih dilakukan bawah laut Monumen Kapal Tenggelam (Kapal ikan asing) pelaku ilegal fishing di perairan Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga.

Kemudian pada Minggu (16/8/2020), pengibaran dilakukan di perairan gugus karang pulau terdepan NKRI yakni Pulau Senue.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir mengapresiasi semangat kebangsaan para peserta akan cinta tanah air Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan suksesnya kegiatan pengibaran bendera merah putih bawah laut di perairan Natuna yang telah menjadi agenda tahunan para penyelam Natuna.

"Untuk lokasi pertama pengibaran bendera merah putih bawah laut yaitu Monumen Kapal Tenggelam, tujuannya untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat agar lebih cinta NKRI dan cinta bahari," ujar Kolonel Dofir.

Dirinya juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk mendongkrak sektor pariwisata khususnya wisata maritim dan wisata bahari agar lebih maju dan berkembang di Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan itu pula Komandan Lanal Ranai menyampikan pesan kepada masyarakat Natuna, dalam momentum HUT Ke-74 RI kali ini untuk semakin mencintai produk dalam negeri.

"Indonesia Maju, Bangga Buatan Indonesia," ucap Kolonel Dofir.

Sementara itu, guna mendukung kegiatan tersebut, Lanal Ranai mengerahkan berbagai alut (alat utama) seperti 1 unit RIB, Ambulanc dan alat transportasi lainnya. Sementara Marinir menyediakan 1 unit perahu karet, peralatan selam serta tim dokumentasi serta peralatan lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews