Rekor! Tiga Pelatih Jerman di Semifinal Liga Champions

Rekor! Tiga Pelatih Jerman di Semifinal Liga Champions

Julian Nagelsmann dan Hansi Flick, dua dari tiga pelatih asal Jerman di semifinal Liga Champions. (Foto: AFP/CHRISTOF STACHE)

Jakarta - Semifinal Liga Champions musim ini kuat sekali aroma Jerman-nya. Salah satunya karena ada tiga peracik taktik asal Jerman, yang di empat besar akan "mengepung" satu orang pelatih asal Prancis.

Babak semifinal Liga Champions musim ini menghadirkan dua klub Jerman, yakni Bayern Munich dan RB Leipzig, yang akan berhadapan dengan dua klub Prancis, yaitu Paris Saint-Germain dan Lyon.

Ini merupakan sebuah fenomena tersendiri dikarenakan ketiadaan klub Inggris, Italia, dan Spanyol. UEFA.com menyebut, untuk kali pertama sejak format kompetisi jadi Liga Champions pada 1992, baru kali ini tak ada tim Inggris, Spanyol, atau Italia di semifinal.

Nah, dari keempat tim di semifinal Liga Champions 2019/2020, tiga di antaranya menghadirkan sosok peracik taktik asal Jerman. Ada Julian Nagelsmann di RB Leipzig, Thomas Tuchel di PSG, dan Hans-Dieter Flick di Bayern Munich. Ketiga pelatih asal Jerman itu bagaikan "mengepung" keberadaan Rudi Garcia, pelatih asal Prancis yang menangani Lyon.

Hal itu turut membuahkan sebuah rekor tersendiri. Opta menyebut, dalam sejarah Liga Champions baru kali ini ada tiga pelatih dari satu negara yang sama di babak semifinal.

Dalam wawancara dengan L'Equipe, Julian Nagelsmann sempat membahas hal tersebut. Pelatih termuda di semifinal Liga Champions ini menyebutnya sebagai hal yang membanggakan buat sepakbola Jerman. "Itu bagus buat sepakbola Jerman, ini hal penting," katanya.

"Sistem pelatihan untuk para pelatih di Jerman itu bagus. Aku tidak bisa bicara soal situasi di negara lain, tapi aku ingat kalau dulu tidak begini. Hari ini kami berada di sini lagi. Kami cuma bisa bergembira bisa memiliki wakil di empat besar kompetisi antarklub Eropa," ujar Nagelsmann soal nuansa Jerman di semifinal Liga Champions.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews