https://www.batamnews.co.id

Pohon Besar Tumbang di Jalan yang Sering Dilewati Anak-anak TK

Petugas Damkar memindahkan pohon tumbang Jl Ali Murtopo, Air Lakon, Ranai, Kabupaten Natuna. Lokasinya berada di jalan yang kerap dilalui anak-anak pelajar. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna - Hujan disertai angin kencang menerjang Ranai, ibukota Kabupaten Natuna, Kamis (6/8/2020) pagi.

Akibat cuaca ekstrem tersebut sejumlah pohon tumbang, beruntung tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut.

Kasi Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar Natuna, Elkadar Lismana mengatakan, salah satu lokasi pohon besar tumbang di Simpang Jalan Ali Murtopo, Kampung Air Lakon.

Lokasi ini bahkan tempat yang banyak dilalui pelajar sekolah seperti anak-anak TK, pelajar SD dan warga lainnya. Untung saat pohon tumbang itu tidak ada yang lewat di lokasi tersebut.

"Setelah menerima laporan, kami langsung menuju lokasi dengan mengerahkan tujuh personel dibantu oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan sejumlah masyarakat untuk mengevakuasi batang pohon yang tumbang ke badan jalan," ujarnya.

Pohon tumbang juga terjadi di beberapa daerah seperti Desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur dan di Kecamatan Pulau Laut.

BMKG melalui Stasiun Meteorologi Ranai menyebutkan pantauan citra satelit Himawari 8, pada 6 Agustus 2020 pukul 15.20 WIB menunjukkan di wilayah Kabupaten Natuna terdapat pertumbuhan awan yang sangat intens.

"Kondisi saat ini secara umum berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang saat ini dapat terjadi di seluruh wilayah Kepulauan Natuna. Selain itu terdapat pertumbuhan awan konvektif di wilayah Subi yang diperkirakan dapat meluas yang berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat serta dapat disertai petir dan angin kencang. Selalu waspada akan perubahan cuaca yang akan terjadi," ujar Prakirawan Stamet Ranai, Asrul Saparudin.

(Yan)