Kawah Selebar 124 Meter Muncul Pasca Ledakan Dahsyat di Lebanon

Kawah Selebar 124 Meter Muncul Pasca Ledakan Dahsyat di Lebanon

Foto satelit yang menunjukkan kawah selebar 124 meter pasca ledakan di Lebanon (Foto:CNN)

Beirut - Ledakan besar di Lebanon memunculkan kawah Beirut yang berdiameter 405 kaki atau sekitar 124 meter. Lebar kawah itu berdasarkan analisis CNN dari citra satelit Planet Labs.

Dilansir dari CNN, Kamis (6/8/2020), jarak itu berarti lebar kawah melebihi panjang lapangan sepak bola.

CNN menggunakan perangkat lunak geospasial untuk mengukur citra satelit di lokasi ledakan. Penilaiannya akurat dalam jarak 10 meter.

Seperti diketahui, ledakan besar terjadi di area pelabuhan di Beirut, Lebanon, pada Selasa (4/8/2020) waktu setempat. Dua ledakan besar ini membuat gedung-gedung bergetar hebat dan warga setempat menyebut ledakannya seperti bom atom.

Dari sejumlah video lainnya tampak awalnya asap putih dengan kobaran api dari lokasi. Lantas tiba-tiba asap itu berwarna oranye hingga muncul ledakan yang disusul terbentuknya gelombang kejut berbentuk awan jamur yang menyapu sekitar lokasi. Gelombang jamur itu sirna dan memunculkan asap hitam.

Ledakan itu sangat besar hingga mengguncang seluruh Kota Beirut dan suara ledakan dilaporkan terdengar di seluruh negara tersebut. Getaran akibat ledakan ini bahkan terasa hingga ke Nikosia, ibu kota dari negara Kepulauan Siprus, yang berjarak 240 kilometer jauhnya.

"Seperti malapetaka di dalam. Ada mayat-mayat di tanah. Ambulans masih mengangkut korban tewas," tutur seorang tentara yang ada di area pelabuhan Beirut.

Ledakan itu menewaskan 135 orang dan melukai 5.000 orang lainnya. Sementara puluhan orang masih dinyatakan hilang dan 300.000 orang harus mengungsi dari rumah mereka.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews