Positif Covid-19 di Bintan Bertambah Lagi, Pekerja Logistik Tulari Istri dan Anak

Positif Covid-19 di Bintan Bertambah Lagi, Pekerja Logistik Tulari Istri dan Anak

Ilustrasi.

Bintan - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan menyatakan ada penambahan 5 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lagi di Kabupaten Bintan, Jumat (31/7/2020). Mereka adalah pasien kasus ke 16-20.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan akhir Juli ini ada tambahan 5 kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bintan. Diantaranya 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

"Mereka adalah kasus ke-16, 17, 18, 19, dan 20," ujar Gama.

Berdasarkan penyelidikan epidemiologi, kasus pasien ke 16 adalah PHY (24) warga Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim). Dia merupakan anak dari pasien ke 10 yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada 29 Juli. Meskipun positif PHY tidak memiliki gejala apapun.

Kemudian pasien ke 17 adalah Ay (49) yang merupakan istri dari SK pasien ke 10 atau ibu dari PHY pasien ke 11. Ay mengalami gejala menyerupai Covid-19 sejak 22 Juli yaitu demam, batuk, dan lemas. 
Lalu 29 Juli kondisinya memburuk dikarenakan sesak napas sehingga dirujuk ke RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Batu 8 Kota Tanjungpinang.

Tim medis telah mengambil swab tenggorokan Ay dan PHY sebanyak 2 kali. Dihari pertama pada 29 Juli dan kedua 30 Juli lalu hasil lab RT-PCR swab 1 keluar pada 31 Juli dan menyatakan ibu dan anaknya terkonfirmasi Covid-19.

"Bapaknya dulu yang terkonfirmasi positif. Dia adalah SK yang bekerja di perusahaan logistik yang berada di kawasan Jodoh, Kota Batam. Lalu tanpa sengaja dia menularkan kepada istri dan anaknya yaitu Ay dan PHY," jelasnya.

Berikutnya pasien kasus ke-18 dan 19 merupakan Karyawan PT  Meitech Eka Bintan yang berada di Kawasan Korindo, Kecamatan Bintan Timur. Mereka adalah WH (42) dan ET (30), keduanya memiliki riwayat perjalanan ke Cilegon.

Lalu keduanya pulang kembali ke Bintan 23 Juli dan dikarantina oleh pihak perusahaan di  Batu 23 Kijang Kota sampai 27 Juli. Kemudian dilakukan pemeriksaan rapid tes dengan hasil reaktif. Selanjutnya dipindahkan ke Kampunh Lengkuas Kijang Kota dan dikarantina disana.

"Keduanya telah diambil swab untuk tes PCR di RSUD Bintan. Swab 1 pada 29 Juli dan swab 2 pada 30Juli 2020. Lalu hasil lab RT-PCR yang keluar 31 Juli menyatakan bahwa kedua karyawan perusahaan di Jalan Korindo itu terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

Pasien kasus positif Covid-19 ke 20 ini adalah seorang pria berusia 24 tahun yaitu In yang beralamat di Jalan Tok Sadek Kelurahan Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan. 

Namun sehari-hari bersangkutan tinggal di Lorong Sumbawa Pramuka, Tanjungpinang. Terakhir In pernah melaksanakan berpergian ke wilayah transmisi lokal.

Kasus memiliki gejala meriang, batuk, pilek dan mual sejak 25 Juli lalu memeriksakan diri ke RSUD Bintan. Selanjutnya 27 Juli ditetapkan suspek Covid-19 oleh pihak rumah sakit. 

"Karena gejala ISPA ringan, kasus melakukan isolasi mandiri. Kasus diambil Swab PCR: Swab 1 pada 29 Jul dan Swab 2 pada 30 Juli. Hasil lab RT-PCR yang keluar 31 Juli menyatakan In positif Covid-19," ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews