Dilantik Hari Ini, Berikut Prosesi Seremoni yang Dijalani Isdianto di Jakarta

Dilantik Hari Ini, Berikut Prosesi Seremoni yang  Dijalani Isdianto di Jakarta

Isdianto saat dilantik menjadi Wakil Gubernur Kepri, beberapa waktu lalu.

Jakarta - Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto akan dilantik menjadi Gubernur Kepri definitif. Presiden Joko Widodo akan melantik langsung di Istana Merdeka Jakarta, Senin (27/7/2020) siang.

Sebelum dilantik, Isdianto akan menjalani kirab dengan Presiden Republik Indonesia menuju Istana Negara.

Dari susunan seremoni pelantikan yang diterima Batamnews, Isdianto akan memulai prosesi mulai pukul 10.00 WIB di tempatnya menginap, Hotel Ascott, Jalan Muhammad Husni Thamrin, Jakarta.

Mengenakan baju PDUB lengkap, Isdianto bersama keluarga akan menjalani foto bersama OPD serta tokoh masyarakat di studio foto yang telah disiapkan di hotel.

Rombongan baru bergerak ke Istana Negara sekira pukul 12.15 WIB. Setibanya di Istana Negara, Isdianto bersama 6 pendamping akan menjalani proses rapid test di pintu masuk.

Pukul 13.00 WIB, Isdianto akan mengikuti gladi bersih pelantikan, sebelum menuju ke Istana Merdeka. 

Dijadwalkan pukul 13.32 WIB tiba di Istana Merdeka disambut oleh Kepala Sekretariat Presiden dan melewati jajar kehormatan Pasukan Pengamanan Presiden, selanjutnya menuju Ruang Tunggu Utama untuk istirahat sejenak.

Pada pukul 13.45 WIB tiba di Ruang Kredensial dan Kepala Biro Protokol memperkenalkan Gubernur Kepulauan Riau kepada Presiden Republik Indonesia.

Di tempat itu, Isdianto mengambil petikan Surat Keputusan Presiden di atas meja yang telah disiapkan, setelah dipersilahkan oleh Presiden.

Pukul 13.50 WIB, prosesi kirab Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Kepulauan Riau menuju Istana Negara dengan berjalan kaki dengan dikawal 4 orang Pasukan Kehormatan Paspampres.

Pukul 13.55 WIB tiba di Istana Negara; 1. Presiden Republik Indonesia menuju Ruang Tunggu Utama. 2. Wakil Presiden Republik Indonesia mengikuti Acara Pelantikan melalui Virtual. 3. Gubernur Kepulauan Riau langsung menuju Ruang Pelantikan.

Pada pukul 13.59 pelantikan Gubernur Kepri dimulai dengan susunan acara sebagai berikut:
- Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, 
- Pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia oleh Bapak Setya Utama,
- Pengambilan Sumpah Jabatan Gubernur Kepulauan Riau oleh Presiden RI
- Penandatanganan Berita Acara Pelantikan (tentative)
- Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
- Pemberian Ucapan Selamat
- Pukul 14.30 Presiden Republik Indonesia meninggalkan tempat acara.

Gubernur Kepri Isdianto dijadwalkan meninggalkan ruangan pelantikan pukul 15.00 WIB setelah menjalani rangkaian foto bersama.

(sut)