Joroknya Pabrik Kecap di Malaysia, Ada Bangkai Tikus dan Kotoran Burung

Joroknya Pabrik Kecap di Malaysia, Ada Bangkai Tikus dan Kotoran Burung

Kepolisian Malaysia menggerebek empat pabrik di Penang. (Foto: World of Buzz)

Penang - Kepolisian di Malaysia menggerebek sejumlah pabrik makanan yang proses poduksinya di luar standar kesehatan. Sedikitnya, ada empat pabrik di Bukit Mertajam, Penang, Malaysia, telah diperintahkan untuk tutup selama dua minggu.

Dilaporkan oleh Awani, seperti dilansir World of Buzz bahwa dua pabrik memproduksi kerisik (kelapa bakar), satu memproduksi kecap dan satu lagi memproduksi mie. Pabrik-pabrik tersebut dalam kondisi yang sangat buruk dan benar-benar menjijikkan.

Di pabrik kerisik misalnya, banyak dijumpai kotoran dan bahkan bangkai tikus. Sementara di pabrik kecap, ada jejak kotoran burung di beberapa gentong yang tidak tertutup.

Sedangkan gentong-gentong lainnya penutupnya dipenuhi dengan jamur, dan berisi tumpukan plastik yang dibiarkan bertumpuk dalam waktu yang lama.

Dalam kasus pabrik mie, tempat itu sangat kotor dan mereka memasang tanda halal yang mencurigakan di sana.

Operasi pemeriksaan mendadak dilakukan karena banyak keluhan dari konsumen yang sering menemukan benda asing di dalam makanan mereka.

Selain ditutup dua minggu, pabrik-pabrik ini juga didenda yang total nilai mencapai 9.000 ringgit atau Rp30,8 juta.

Selama ditutup, mereka harus membersihkan lingkungan pabrik secara menyeluruh sebelum diizinkan untuk beroperasi kembali.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews