Update Covid Batam 17 Juli: Tambah Tiga Orang Positif, Satu Dalam Kondisi Lemah

 Update Covid Batam 17 Juli: Tambah Tiga Orang Positif, Satu Dalam Kondisi Lemah

Ilustrasi.

Batam - Tiga kasus baru positif Covid-19 dikonfirmasi tim gugus tugas Kota Batam, Jumat (17/7/2020). Ketiganya merupakan laki-laki, dua di antaranya warga Batam dan satu warga pendatang di Batam.


1. Kasus 268, AMS, Laki-laki (67 tahun), Swasta, beralamat di kawasan perumahan Kavling Seroja Kelurahan Sungai Pelunggut Kecamatan Sagulung Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 14 Juli 2020  dibawa oleh keluarganya berobat ke RSUD Embung Fatimah Batam dengan keluhan sudah dua hari sebelumnya mengalami kelemahan anggota gerak tubuh sebelah kiri tanpa ada keluhan demam, batuk pilek maupun sesak nafas, namun diketahui memiliki riwayat Stroke tiga tahun yang lalu.

Berdasarkan anamnesa tersebut, dokter melakukan pemeriksaan yang intensif antara lain berupa pemeriksaan foto thorax dengan hasil “Infiltrat minimal” dan dilanjutkan dengan pemeriksaan RDT yang hasilnya diperoleh “IgG Reaktif” dengan demikian selanjutnya dokter pemeriksa menegakan diagnosa “PDP Covid19+Hemiparese Sinistraec. Susp SNH dd Massa Intrakranial”

Ia kemudian dirawat di ruang isolasi di gedung Tun Sundari. Sehubungan dengan kondisinya tersebut dilakukanlah pengambilan swab tenggorokon terhadap yang bersangkutan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Saat ini kondisi yang bersangkutan masih ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina intensif Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Batam dalam keadaan lemah dan tidak stabil.

 

2. Kasus 269 AU (55 tahun), Tukang Bangunan beralamat sementara di kawasan perumahan Kavling Mangsang Lestari Kelurahan Duriangkang Kecamatan Sei Beduk.

Yang bersangkutan mengatakan adalah warga Kota Padang Sumatera Barat dan sudah sejak bulan Februari lalu tinggal di tempat anaknya yang sudah bekerja dan menetap di Kota Batam.

Sehubungan rencana kepulangannya ke Kota Padang pada tanggal 13 Juli 2020 yang bersangkutan memeriksakan diri ke klinik Thamrin Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan dengan hasil “reaktif".

Pihak klinik kemudian menyerahkan pemantauan dan penanganan selanjutnya ke Puskesmas Sei Pancur sesuai dengan alamat/domisili tempat tinggalnya dan diedukasi untuk dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina/isolasi di rumah sakit tersebut.

Pada keesokan harinya tanggal 14 dan 15 Juli 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang dilakukanlah pemeriksaan Swab Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya 
gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan  isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

 

3. Kasus 270; MHP (37 tahun), Instalatur Listrik, beralamat di kawasan perumahan Tembesi Pos lestari Kebun Sayur Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam.

Pada tanggal 13 Juli 2020 yang bersangkutan bersama istri dan anaknya memeriksakan diri ke Klinik Kanaka Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT guna memenuhi persyaratan penerbangan ke Jakarta dengan hasil yang bersangkutan dinyatakan “Reaktif” sedangkan istri dan anaknya dinyatakan “Non Reaktif”.

Mengingat hasil pemeriksaan RDT tersebut selanjutnya pemantauan dan penanganan 
yang bersangkutan dilakukan oleh Puskesmas Sungai Langkai sesuai dengan alamat tempat tinggalnya dan diedukasi untuk dievakuasi ke RSKI Covid-19 guna melaksanakan karantina/isolasi di rumah sakit tersebut.

Pada keesokan harinya tanggal 14 dan 15 Juli 2020 bertempat di RSKI Covid-19 Galang dilakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya diperoleh pada hari ini Terkonfirmasi Positif.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya 
gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan 
isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

 

Pasien sembuh

Hari ini juga dikonfirmasi satu orang pasien sembuh. Pasien 244 bernama Aseh Miftah (43 tahun) warga Perumahan Sagulung Bahagia RT 04/08, Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung. Ia dinyatakan sembuh sejak dikonfirmasi positif 3 Juli lalu.

Secara kumulatif, total kasus Covid19 di Batam per 17 Juli 2020 sebanyak 270 kasus. Dari jumlah itu 232 kasus sembuh dan 12 kasus meninggal. Saat ini pasien berstatus Covid19 di Batam sebanyak 26 orang. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews