Berminat Jadi Pramugari Kereta Api? Ini Syaratnya

Berminat Jadi Pramugari Kereta Api? Ini Syaratnya

Pramugari Kereta Api (Foto:ist/net)

Jakarta - Profesi pramugari kereta api dan pramugara kereta api menjanjikan jenjang karir. Tapi, lihat dulu sederet syarat untuk menjadi pramugari atau pramugara KA.

Mereka yang mau menjadi pramugari-pramugara KA bisa mendaftar langsung setelah lulus SMA/SMK. Untuk pramugari, pendaftar harus memenuhi tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan ideal.

Calon pramugari kereta api atau prami harus sehat jasmani dan rohani. Kemudian, pelamar memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Calon pramugari juga tidak boleh buta warna.

Syarat lainnya, pelamar berpenampilan menarik dan memiliki kemampuan bahasa Inggris. Yang terakhir, pemalar untuk posisi pramugari kereta api harus single alias belum menikah.

Untuk pramugarakereta api atau prama syaratnya hampir sama. Bedanya, untuk pelamar posisi pramugara kereta api harus memiliki tinggi minimal 170 cm. Setelah lolos, calon prama dan prami akan dibekali dengan pelatihan dari TNI.

"Pelatihan itu sangat berguna untuk mental," ungkap Gina Salsabila, seorang prami.

Saat ini, prami dan prama yang ada di bawah PT Reska Multi Usaha, berjumlah sekitar 1.000 orang. Mayoritas dari jumlah itu mulai bekerja dengan rentang umur 20-30 tahun.

"Iya jadi prami dan prama ini bentuknya ikatan kontrak. Setelah dikontrak dengan waktu yang ditentukan, mereka akan kembali ditinjau oleh pusat," kata Gina.

Sebelum dikontrak kembali, prama dan prami akan diberi waktu penangguhan selama tiga bulan. Setelah kontrak baru, prama dan prami akan kembali bekerja.

Jenjang karir di dunia prami dan prama pun ada. KAI menyebutnya dengan kata organik. Jadi pusat akan mengeluarkan lowongan untuk di kantor untuk prami dan prama yang sudah cukup lama bekerja.

"Pilihannya dilihat dari performa selama bekerja. Kalau masih bagus dan kuat bisa ditarik ke kantor," ujarnya.

Setelah organik, lama bekerja dari pramagara dan pramugari akan mengikuti standar dari pusat.

"Sejauh ini sih sudah ada yang di organik," Gina menjelaskan.

Traveler yang berminat menjadi pramugara kereta api dan pramugari kereta api, lihat syarat dan waktu pendaftarannya bisa langsung ke situs resmi KAI, ya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews