Jangan Kaget! Ini Harga Obat Covid-19 Remdesivir Gilead

Jangan Kaget! Ini Harga Obat Covid-19 Remdesivir Gilead

Ilustrasi obat corona remdesivir (Dok.Gilead Science)

GILEAD Sciences pada Senin (29/6/2020) mengumumkan obat Covid-19 Remdesivir akan dijual seharga US$3.120 atau Rp 43 juta per pasien untuk pengobatan selama 6 hari. Harga ini dikenakan pada pasien AS yang dibayari oleh asuransi komersil.

Perusahaan mengumumkan rencana penetapan harganya sebagai persiapan untuk mulai menagih obat pada bulan Juli. Gilead juga telah menyumbangkan dosis ke pemerintah AS untuk didistribusikan sejak menerima otorisasi penggunaan darurat pada bulan Mei.

Pembuat obat itu mengatakan akan menjual remdesivir seharga US$ 390 per botol ke pemerintahan "negara-negara maju" di seluruh dunia atau Rp 5,4 juta, dan harga untuk perusahaan asuransi swasta mencapai US$ 520 per botol atau Rp 7,2 juta.

Di AS sendiri, Gilead akan membebankan harga yang lebih rendah untuk program pemerintah. Sebagian besar pasien yang diobati dengan remdesivir akan menerima terapi pengobatan lima hari menggunakan enam botol remdesivir.

Untuk biaya yang dibebankan ke pemerintah AS menjadi US$ 2.340 untuk pasien yang menjalani perawatan lima hari dan US$ 3.120 untuk pasien yang diasuransikan secara komersial.

"Pada tingkat ini kami telah menetapkan harga remdesivir dan dengan program pemerintah, bersama dengan bantuan tambahan Gilead sesuai kebutuhan, kami percaya semua pasien akan memiliki akses," CEO Gilead Daniel O'Day mengatakan dalam sebuah surat terbukanya dilansir CNBC International.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews