Batam Segera Buka Pelabuhan Internasional, Sudah Aman?

Batam Segera Buka Pelabuhan Internasional, Sudah Aman?

Pelabuhan Feri Internasional Batam Centre. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meminta pelayanan khusus untuk tes Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 dilakukan untuk setiap orang yang lalu-lalang di pelabuhan internasional.

Hal ini dilakukan untuk persiapan pembukaan pintu masuk internasional, menyusul Kota Batam sudah masuk zona kuning. “Target kita pelabuhan bisa dibuka,” ujar Rudi, Selasa (30/6/2020).

Rudi menyebutkan Kota Batam mempunyai 3 mesin PCR, sehingga menurutnya ada kesempatan satu mesinnya digunakan untuk uji swab bagi setiap orang di pelabuhan.

Berdasarkan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, setiap orang melakukan perjalanan luar negeri wajib melaksanakan tes PCR jika tidak membawa surat keterangan hasil negatif swab dari negara bersangkutan.

“Makanya ini mau kita dudukkan dengan pihak BTKLPP, kalau ada suspect, bisa langsung cepat diambil swabnya dan diperiksa,” katanya.

Namun Ia menginginkan bahwa pelaksanaan tes PCR ini bisa dilakukan dengan cepat, dan tidak perlu mengantre berhari-hari untuk mengetahui hasilnya. Bila perlu kata Rudi, hasilnya bisa diketahui dalam hitungan jam.

“Maunya satu jam selesai, atau kalau bisa 5 jam, supaya tidak lama ditunggu, kalau sekarang ini baru diketahui setelah 3 hari,” kata dia.

Jika persiapan tersebut sudah diupayakan dan Batam menjadi zona hijau, tentu selanjutnya Batam dapat mengajukan surat ke Pemerintah Singapura untuk membuka pelabuhan internasional.

“Kalau kita buat ke Singapura, pasti ada perjanjian untuk melakukan sesuai dengan prosedur,“ kata dia.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews