Ini Pesan Bupati Nurdin ke Kepala Desa

Ini Pesan Bupati Nurdin ke Kepala Desa

Bupati Nurdin Basirun bersama Ketua DPRD Karimun Asyura

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Bupati Karimun Nurdin Basirun berpesan kepada Kepala Desa berhati-hati mengelola anggaran belanja desa. Anggaran desa menjadi tanggungjawab penuh kepala desa. 

'Jadi Pak Kades ikutilah sosialisasi pengelolaan belanja Desa. Apa yang tidak paham disilahkan bertanya, jangan sok tau ya. Karena, dana Desa sekarang tanggungjawab Kades,' ujar Nurdin di Gedung Nasional ketika membuka sosialisasi pengelolaan belanja Desa yang diadakan oleh bagian keuangan Pemda Karimun kemarin. 

Ia mengatakan, tugas seorang Kades selain mengayomi masyarakat juga harus bisa mampu memajukan ekonomi. Sehingga, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan beragam bidang usaha.

Selain itu perangkat Desa juga, dituntut harus mampu memberikan pelayanan publik, serta mampu membuat laporan keuangan secara sistematis.

"Perlu diingat, keberadaan Desa yang ada di pinggir kota harus bisa mengimbangi kemajuan dan perkembangan di kota. Dalam arti Kades wajib mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi baik itu diinternal maupun eksternal," ujar dia. 

Kepala Bagian Keuangan Pemda Karimun Abdullah, menyampaikan dalam sosialisasi ini diikuti 42 perwakilan Desa se Kabupaten Karimun. Dengan jumlah 126 orang diantaranya Kepala Desa, Badan Perwakilan Desa (BPD) dan administrasi keuangan desa. 

Dalam sosialisasi ini diberikan tentang produk hukum yang disampaikan oleh pihak Kejaksaan, kemudian Kepala Perwakilan BPKP Povinsi Kepri, Sekda Karimun dan Kepala BPMD Kesbang.

Bagaimana pengelolaan keuangan desa, dengan menggunakan aplikasi sistem manajemen keuangan desa. Yang dimulai dari sistem perencanaan, pengelolaan keuangan desa dan laporan pertanggungjawaban penguna dana desa. 

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews