Hujan Buatan di Batam Digiring ke Area Waduk

Hujan Buatan di Batam Digiring ke Area Waduk

Mendung di Batam (Foto: Batamnews)

Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam merancang teknologi hujan buatan. Hujan buatan itu dirancang bisa turun di area waduk sumber air bersih di Batam.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol, Dendi Gustinandar mengatakan jika TMC mengunci awan yang akan mengarah ke daerah tangkapan air (DTA) waduk.

"Perlu kami sampaikan bahwa penerapan TMC untuk mempercepat hujan dilakukan dengan mengunci koordinat di sekitar area Waduk Duriangkang dan Waduk Muka Kuning," kata Dendi. 

Teknologi modifikasi cuaca (TMC) yang dilakukan BP Batam dengan Badan Pengkajian dan Penerepan Teknologi (BPPT) disebut bisa dirancang menentukan lokasi turun hujan. 

Setelah awan yang berada di sekitar koordinat DTA waduk tersebut masuk, dilakukan inisiasi di awan untuk menurunkan hujan di lokasi yang telah ditetapkan. 

"Hal ini dilakukan untuk meningkatkan volume hujan di daerah sekitaran waduk," ujar Dendi. 

"Terjadinya hujan di sekitar daerah tangkapan air Waduk Duriangkang dan Waduk Muka Kuning mengakibatkan terbentuknya iklim mikro," jelas Dendi 

Sementara itu, berdasarkan prakiraan dari BMKG, yaitu bahwa dalam pekan terakhir Juni di wilayah Kepulauan Riau diprediksi akan terjadi peningkatan hujan sejak Jumat dini hari secara alami akibat pengaruh angin, terutama di Kota Batam. 

Begitu juga di beberapa wilayah di Kepulauan Riau lainnya termasuk di Tanjung Pinang dan Rempang.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews