Huawei Geser Samsung Jadi Vendor Smartphone Terbesar

Huawei Geser Samsung Jadi Vendor Smartphone Terbesar

Huawei.

Jakarta - Penguasa pasar ponsel dunia beralih dari Samsung ke Huawei. Per April 2020, vendor smartphone asal Tiongkok ini berhasil menggeser Samsung dan menjadi vendor smartphone terbesar di dunia.

Mengutip laman Phone Arena, Kamis (18/6/2020), laporan dari Counterpoint Research menyebut Huawei berhasil menguasai market share 21,4 persen, sementara Samsung hanya menyentuh 19,1 persen.

Huawei dapat meningkatkan pangsa pasarnya berkat kehadiran yang kuat di kampung halamannya. Sementara permintaan untuk smartphone baru runtuh di sebagian besar pasar internasional kerena gelombang Covid-19.

Namun pada bulan April, pasar di China sudah dalam pemulihan. Samsung, di sisi lain, menderita secara masif karena aturan lockdown yang ketat di India dan Eropa.

Belum jelas apakah dominasi Huawei akan berlanjut di bulan berikutnya, tetapi perusahaan berpotensi mengakhiri kuartal kedua 2020 sebagai produsen smartphone terbesar. Jika benar demikian, Huawei akan mencatat sejarah baru.

Penjualan ponsel di China terus pulih sepanjang kuartal pertama 2020, tetapi permintaan di Eropa, Amerika Utara, dan India masih sangat rendah.

Ketiga wilayah ini sangat penting bagi Samsung, yang berarti perusahaan dapat jauh tertinggal.

Samsung kemungkinan akan kembali ke posisi teratas setelah pasar internasional balik ke kondisi normal pada akhir tahun ini.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews