PPDB SMP 6 Hanya Layani 20% Pendaftar, Ini Penyebabnya

Kepala SMP Negeri 6 Batam, Wagiyem.

Batam - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) resmi dibuka hari ini, Selasa (14/5/2019). Pada hari pertama ini, proses pendaftaran hanya terlayani 20 persen pendaftar.

"Hari ini kita terkendala pada sistem yang melambat. Sudah print, sidak alamat, pas nomer berapa tadi malah melambat, padahal kita sudah menyiapkan 4 operator. Dan Alhamdulillah kalau internet kita juga aman kok," kata Kepala SMP Negeri 6 Batam, Wagiyem. 

Baca: PPDB SMPN 6 Batam, Datang Siang Tak Dapat Nomor Antrean
 
Karena server sempat down, dari 309 siswa  mendaftar hari ini, yang berhasil melakukan verifikasi dan menyelesaikan pendafataran hanya 60 siswa, itupun beberapa mengalami kendala pada sistem pilihan. 

"Banyak orang tua yang melampiaskan kekesalannya pada kita, padahal marahnya ke sistem, karena mereka hanya bisa menggunakan pilihan 1 (sekolah pilihan pertama sesuai zonasi) saja dan pilihan duanya  (sekolah pilihan kedua sesuai zonasi)  tidak bisa digunakan," ujarnya.

Baca: PPDB 2019: Sistem Zonasi Pakai Aplikasi Google Map, Ini Aturan Mainnya

Sistem zonasi saat ini menerapkan sistem penerimaan 90% siswa yang berada di sekeliling sekolah, 5% siswa berprestasi, dan 5% siswa pindahan. Sistem ini dinilai lebih lambat prosesnya dibandingkan dengan sistem nilai. 

"Kalau sistem nilai kita bisa selesai dalam 5 menit saja, kalau ini lebih lambat karena banyak kemungkinan kendala," ungkapnya. 

Kelurahan yang masuk dalam zonasi SMPN 6 Batam diantaranya Sungai Panas, Seraya, Bengkong, dan Teluk Tering. 

Di kawasan ini ada tiga SMP diantaranya SMP 6, SMP 10, dan SMP 4. Namun SMPN 6 Batam masih menjadi pilihan sebagai tujuan dari tingkat lanjutan siswa yang tinggal di lingkungan tersebut.

(das)
 


Berita Terkait