Demonstran Robohkan Patung Christopher Columbus di Minnesota

Demonstran Robohkan Patung Christopher Columbus di Minnesota

Polisi mengamankan patung Christopher Columbus yang dirobohkan demonstran di Minnesota. (Foto: Reuters via The Star)

Minnesota - Unjuk rasa antirasial di Amerika Serikat berlanjut. Pada Kamis (11/6/2020) WIB, sekelompok demonstran merobohkan patung Christopher Columbus di luar Minnesota State Capitol, St. Petersburg.

Dilansir CBS Minnesota, patung Christopher Columbus itu dirobohkan sekitar pukul 5 sore waktu setempat. Sorak sorai pendemo mewarna robohnya patung tokoh penjelajah itu.

Para pengunjuk rasa mengatakan Columbus bertanggung jawab atas genosida penduduk asli Amerika, dan sudah saatnya patung itu pergi.

John Harrington, komisaris Departemen Keamanan Publik Minnesota, mengatakan para pejabat mengetahui rencana untuk memindahkan patung itu. Pasukan Patroli Negara Bagian Minnesota juga siap sedia sebelum penggulingan untuk memberi tahu para pemrotes cara yang tepat untuk meminta pemindahan patung.

Langkah itu terjadi ketika Gubernur Minnesota Tim Walz mengumumkan rencananya untuk mengadakan sesi legislatif khusus Jumat pekan ini, dengan fokus pada reformasi polisi dan pemulihan ekonomi.

Langkah ini adalah bagian dari gelombang tindakan terhadap monumen bersejarah di seluruh negeri dan bagian Eropa yang terhubung dengan rasisme dan perbudakan - dipicu oleh protes setelah kematian George Floyd di Minneapolis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews