Dokter Reisa: Pakai Masker 3 Lapisan Kain dan Ganti Tiap 4 Jam

Dokter Reisa: Pakai Masker 3 Lapisan Kain dan Ganti Tiap 4 Jam

Reisa Broto Asmoro - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas

Jakarta - Juru Bicara penanganan covid-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan publik untuk tak lupa kenakan masker saat new normal untuk mencegah penularan corona lebih luas.

Ia menjelaskan penggunaan masker di ruang publik sangat direkomendasikan. "Awalnya memang hanya direkomendasikan oleh orang sakit, penelitian berkembang semua orang yang beraktivitas di luar rumah disarankan gunakan masker, karena virus ditularkan lewat droplet," ujar Reisa, Selasa (9/6/2020).

Ini, kata dia, perlu dipahami karena virus sifatnay tak kasat mata dan tidak tahu keberadaannya. Apalagi jika berada di lingkungan penuh sesak, maka wajib gunakan masker.

Penggunaan masker juga ia tekankan sesuai dengan rekomendasi WHO. "Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki 3 lapisan kain. Bisa dari katun atau poliester. Masker kain bisa dicuci dan digunakan kembali," jelasnya.

Tapi perlu diingat, masker kain wajib diganti setiap 4 jam sekali. "Apabila masker basah atau lembab harus diganti."

Jadi, disarankan agar masyarakat membawa beberapa masker sekaligus. Sesampainya di rumah, masker segera dicuci. "Penggunaan masker efektif kalau diikuti dengan protokol kesehatan lain."

Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk terus hindari kerumunan, jaga jarak fisik, terutama mereka yang alami gejala, dan tentunya sering-sering cuci tangan.

"Praktikkan etika batuk dan bersin juga penting, budayakan pakai masker ke tempat umum, kantor, pasar, dan ruang publik lainnya." 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews