MotoGP Inggris

Rossi Juara di Inggris, Marquez Celaka, Lorenzo Keempat

Rossi Juara di Inggris, Marquez Celaka, Lorenzo Keempat

Valentino Rossi (Foto: Twitter)

BATAMNEWS.CO.ID, Inggris - Untuk pertama kalinya Valentino Rossi akhirnya bisa menaklukkan Sirkuit Silverstone yang diguyur hujan, Minggu (30/8), sekaligus merebut puncak klasemen dari rekan setimnya Jorge Lorenzo yang finis keempat.

Pole-sitter Marc Marquez bernasib sial di balapan ini, terjatuh ketika balapan menyisakan delapan putaran saja dan ketika dia menjadi satu-satunya lawan yang berpotensi menggagalkan kemenangan Rossi dengan terus menempel sejak putaran pertama.

Ini untuk kedua kalinya Marquez terjatuh saat berduel dengan Rossi, setelah peristiwa di Argentina.

Hujan mengguyur Silverstone tepat ketika start hendak dilakukan sehingga semua pembalap masuk pitlane untuk mengganti motor, dan prosedur start diulangi 20 menit kemudian. Lorenzo mengawali balapan dengan baik, namun masuk putaran dua Rossi sudah memimpin.

The Doctor membuktikan dirinya sebagai salah satu spesialis balapan basah, karena dalam sesi latihan bebas keempat yang diguyur hujan dia juga menjadi yang tercepat.

Kemenangan di Grand Prix Inggris ini memberi trofi juara yang keempat untuk Rossi musim ini, dan membuatnya memimpin klasemen dengan keunggulan 12 poin atas sesama pembalap Movistar Yamaha, Lorenzo.

Secara mengejutkan podium Silverstone dipenuhi para pembalap Italia, setelah Danillo Petrucci membawa Pramac Racing meraih hasil terbaiknya dengan finis kedua, disusul pembalap pabrikan Ducati Andrea Dovizioso.

Ini untuk pertama kali dalam karirnya Petrucci bisa finis di podium.

Pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa sempat menyalip Lorenzo namun masuk sepertiga akhir balapan dia kembali di belakang Yamaha dan harus puas finis kelima.

Pembalap tuan rumah Scott Redding juga meraih hasil terbaik dalam karirnya di MotoGP, finis keenam untuk Marc VDS dan sekaligus menjadi pesta perayaan karena sebelumnya dia dipastikan akan bergabung ke tim Pramac Racing mulai musim depan.

Pembalap Inggris lainnya Bradley Smith finis ketujuh untuk Yamaha Tech 3, di depan pembalap Ducati Andrea Iannone, sementara rekan setimnya Pol Espargaro finis kesembilan.

Alvaro Bautista membawa Aprilia finis kesepuluh.

Selain Marquez, trek yang licin di Silverstone juga membuat sejumlah pembalap lain terjungkal, termasuk pembalap Pramac Yonny Hernandez di putaran pertama, dan duo LCR Honda Cal Crutchlow dan Jack Miller yang saling bertabrakan sendiri.

Pembalap tuan rumah Crutchlow mencoba kembali ke trek namun lagi-lagi terjatuh.

sumber: beritasatu.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews