Tim Covid-19 Kepri Turun Langsung ke Eden Park Beri Konseling Warga

Tim Posko Lawan Covid-19 Kepulauan Riau berdiskusi dengan sekuriti perumahan di kawasan Eden Park. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Tim Posko Lawan Covid-19 Kepulauan Riau bersama relawan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), turun langsung ke kawasan Eden Park, Kota Batam pada Selasa ( 2/6/2020) malam. 

Tim ini memberikan pendampingan (konseling), edukasi dan sosialiasi kepada warga di salah satu perumasan sekitar Gereja HOG Eden Park.

"Sesuai arahan langsung Plt Gubernur Kepri Isdianto, kami ditugaskan memberikan pendampingan kepada pasien dari klaster Gereja HOG Eden Park. Teman-teman ACT ikut membantu untuk memberikan sosialisasi," ujar Buralimar, Rabu (3/6/2020). 

Buralimar menjelaskan komunikasi manajemen risiko adalah salah satu metode sosialisasi tentang Covid-19 ke masyarakat yang terdampak. Cara ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah untuk mencegah penularan Covid-19 di kawasan tersebut. 

Sosialisasi tersebut disampaikan tim Posko Lawan Covid-19 Kepulauan Riau ke petugas keamanan atau satpam, warga lokal dan perangkat rukun tetangga setempat.

Kepada petugas keamanan, diminta agar memperketat penjagaan lokasi perumahan, menjaga situasi agar tetap kondusif dan saling mendukung ke sesama warganya yang terdampak. 

Sedangkan sosialisasi untuk warga lebih banyak diberikan mengenai edukasi tentang penyakit Covid-19. Warga diminta untuk bisa saling mendukung dan memberi semangat kepada tetangga yang menjadi pasien terkonfirmasi positif. 

"RT agar dapat melakukan edukasi kepada masyarakat, memunculkan stigma positif ke masyarakat sekitar yang terdampak, membantu men-support warga yang terdampak," kata Buralimar.

Ketua Tim Humas dan Publikasi Posko Lawan Covid-19 Kepri di Batam, Iskandar Zulkarnaen menjelaskan sosialisasi dan pendampingan yang dijalankan timnya berjalan dengan baik. 

Menurut relawan ACT, warga kawasan Eden Park memiliki kesadaran dan kepedulian sosial yang tinggi. "Warga berbicara dengan grup WA perumahan. Begitu ada kasus warganya positif, mereka langsung merespons positif. Semoga bisa jadi contoh bagi warga-warga lain" ujar Iskandar. 

Berdasarkan hasil kajian Dinas Kesehatan Kepri, Klaster Gereja HOG Eden Park menjadi klaster penularan terbanyak per 1 Juni 2020. 

Dari klaster ini terdapat 32 pasien yang dapat menyebabkan virus Corona. Jumlah ini sama dengan klaster WNA India di Batam. 

(ude)