Sekolah di Batam Masih Susun Mekanisme Physical Distancing

Ilustrasi.

Batam - Pemerintah Kota Batam berencana membuka kegiatan belajar di sekolah pada 13 Juli 2020. Jadwal tersebut sudah diperpanjang dari rencana awal 2 Juni 2020. Beberapa sekolah mengaku sudah bersiap. Namun mereka masih menyusun mekanisme terkait protokol kesehatan, salah satunya physical distancing.

Kepala SMPN 3 Batam, Wiwiek Darwiyati mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan untuk menyambut peserta didik.

“Sekolah sudah sangat siap menyambut kembalinya siswa ke sekolah setelah dua bulan lebih belajar mandiri di rumah,” ujar Wiwiek, Selasa (2/6/2020).

Oleh karena itu, seluruh siswa nantinya harus menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak serta sering mencuci tangan.

Terkait penerapan jaga jarak di kelas, Wiwiek menjelaskan bahwa pihaknya masih menyusun mekanisme.

Opsi yang ada dengan menerapkan dua shift, tetapi melihat jumlah siswa saat ini tidak bisa dilakukan dengan dua shift.

"Untuk itu kami masih menunggu arahan selanjutnya baik dari kementerian maupun Disdik," kata dia.

Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Batam, Sudirman Dianto mengatakan, sekolah sudah harus mulai mempersiapkan protokol kesehatan, ketika kembali ke sekolah.

"Perlahan pasti harus kembali ke normal. Sekolah harus mewajibkan siswa menggunakan masker, serta rutin membersihkan kelas menggunakan disinfektan seperti yang sudah dilakukan sebelumnya," ujarnya.

(ret)