Cara Mudah Mengecek Keamanan Kata Sandi Anda

Cara Mudah Mengecek Keamanan Kata Sandi Anda

Ilustrasi.

Jakarta - Kata sandi merupakan elemen penting setiap platform digital dan merupakan target bagi pelaku kejahatan siber. Kejadian peretasan atau pencurian kata sandi di era digital saat ini pun bukan hal baru, namun tidak ada salahnya pengguna internet memeriksa kata sandi untuk mengetahui apakah kata sandi telah diretas.

Pengguna dapat mengeceknya menggunakan layanan pihak ketiga seperti Avast Hack Check yang dapat diakses melalui situs website https://www.avast.com/hackcheck/.

Situs ini sendiri telah mendeteksi sebanyak lebih dari 30 miliar kata sandi yang dicuri dan diambil, sebagai bagian dari pelanggaran keamanan atau jenis aktivitas online ilegal lainnya.

Setelah mengakses alamat situs, pengguna bisa menuliskan alamat email yang digunakan ke dalam kotak yang tersedia dan Avast akan memeriksanya dengan basis data situs yang diretas dan detail masuk yang dicuri.

Jika kata sandi telah dicuri, situs akan menampilkan keterangan berupa "Kata sandi Anda telah bocor" dan menyebutkan kemungkinan kejahatan kriminal yang dilakukan pelaku seperti masuk ke akun pribadi, mengirim pesan ke kontak pengguna, menyedot uang, dan berpotensi mencuri identitas.

Situs ini juga mengirim peringatan email 24 jam otomatis kapan saja kata sandi pengguna bocor. Alamat email dan kata sandi pengguna yang dicuri ini diekspos di dark web atau dijual di pasar gelap. Perusahaan atau organisasi yang berbisnis dengan pengguna juga dapat membocorkan atau memublikasikan data sensitif penggunanya secara tidak sengaja.

Avast Hack Check memberi tahu pengguna secara otomatis ketika detail login pengguna dicuri, sehingga pengguna dapat mengamankan akun sebelum orang lain mendapatkannya.

Selain mengecek apakah kata sandi telah diretas atau tidak, pengguna juga bisa menggunakan layanan penghasil kata sandi kuat. Melalui situs ini, tidak ada salahnya jika Anda mengganti kata sandi semua akun pribadi secara berkala, untuk mengecoh usaha peretasan. Jaga keamanan data pribadi Anda!


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews