Donald Trump: Amerika Serikat Akhiri Hubungan dengan WHO

Donald Trump: Amerika Serikat Akhiri Hubungan dengan WHO

Presiden AS Donald Trump. (Foto: AP)

Washington - Kontroversi Presiden Donald Trump dalam menghadapi pandemi Corona terus berlanjut. Kali ini, dia menyatakan Amerika Serikat telah keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikutip Batamnews dari Foreign Policy, Trump juga menegaskan Amerika Serikat akan menghentikan pendanaan untuk badan internasional. 

Langkah ini memuncak berbulan-bulan kemarahan AS yang tumbuh dengan organisasi internasional terhadap latar belakang ketegangan antara Washington dan Beijing. 

Hal ini juga mempertanyakan nasib ratusan juta dolar dana kesehatan global AS di puncak pandemi global. "Kami telah merinci reformasi yang harus dibuat dan terlibat dengan mereka secara langsung, tetapi mereka menolak untuk bertindak," kata Trump, Sabtu (30/5/2020).

Para pejabat Trump dan sekutu Partai Republik di Kongres telah mengkritik WHO karena terlalu bersahabat dengan China dan memberikan perlindungan bagi Beijing setelah penutupan awal dan kesalahan penanganan wabah virus corona.

Tetapi pengumuman itu juga mendapat kecaman dari para ahli kesehatan masyarakat, yang mengatakan akan melemahkan kemampuan WHO untuk mengatasi pandemi ini sebagaimana penyebarannya di negara berkembang meningkat. 

"Ini adalah langkah paling kontraproduktif di tengah krisis kesehatan dunia," kata Megan Doherty, direktur senior kebijakan dan advokasi di Mercy Corps dan mantan direktur Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih untuk Afrika Utara selama pemerintahan Obama.

 "Di tempat-tempat dengan infrastruktur kesehatan yang buruk yang tidak memiliki keberadaan kuat yang ada, ini menciptakan celah yang tidak bisa kita isi," imbuh dia.

Para ahli lain khawatir keputusan itu akan mengancam nasib program kesehatan dan vaksinasi publik lainnya di seluruh dunia, di luar pandemi saat ini. 

“Apa yang akan dilakukan Trump adalah memecah program-program vaksin global, pemberantasan polio, respons Ebola, dan seribu tugas kesehatan global lainnya yang AS andalkan untuk berikan kepada WHO,” kata Jeremy Konyndyk, mantan pejabat senior bantuan AS yang sekarang bekerja di Center for Global Pengembangan.

Pengumumannya tentang WHO juga meninggalkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban — termasuk pertanyaan yang belum disortir pemerintah secara internal, menurut beberapa pejabat yang mengetahui masalah ini. 

Tidak jelas apakah Amerika Serikat "mengakhiri" hubungannya dengan WHO berarti ia secara hukum menarik diri dari lembaga itu. Trump juga tidak memberikan rincian tambahan tentang bagaimana Amerika Serikat akan merealokasi hampir $ 450 juta per tahun dalam pendanaan tahunan ke WHO untuk program kesehatan masyarakat lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews