Kepri Tekor Pajak Kendaraan Rp 1 Miliar Tiap Hari Selama Pandemi Corona

Kepri Tekor Pajak Kendaraan Rp 1 Miliar Tiap Hari Selama Pandemi Corona

Layanan Samsat Kepri di Kota Batam.

Tanjungpinang - Wabah Virus Corona atau Covid-19, di Provinsi Kepulauan Riau tak hanya berdampak ke sektor ekonomi, sosial dan kehidupan masyarakat.

Pemerintah Provinsi Kepri juga merasakan dampak Covid-19 dari sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya adalah tekornya pendapatan dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengungkapkan, sejak masa pandemi wabah Covid-19 ini, dalam sehari Pemprov kehilangan pemasukan dari sektor pajak penghasilan sebesar Rp 1 miliar dalam sehari.

"Biasanya dalam sehari sekitar Rp 1,3 miliar sampai Rp 1,4 miliar. Tapi, sekarang kita dapat dalam satu hari hanya Rp 300 juta sampai Rp 400 juta saja," kata Arif di Tanjungpinang, Selasa (26/5/2020)

Ia memprediksi, kondisi ini dikarenakan faktor ekonomi masyarakat yang terdampak menurun akibat Covid-19 sehingga berimbas juga ke pembayaran pajak kendaraan..

Selain itu tambah Arif, hal ini karena dipengaruhi oleh sistem pembayaran pajak kendaraan selama masa pandemi, dengan cara sistem online yang turut mempengaruhi penerimaan pajak kendaraan ini.

Untuk mengantisipasi hal ini, Pemprov Kepri akan mulai membuka layanan pembayaran pajak kendaraan di Kantor Samsat seluruh wilayah Provinsi Kepri.

"Upaya kita akan buka layanan secara langsung. Tapi kita tetap harus mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini," ujar Arif.

(sut)